Jangan Sepelekan Kesemutan Bisa Jadi Pertanda Diabetes Atau Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Kesemutan seringkali melanda tubuh kita jika aliran darah ke beberapa bagian tubuh layaknya kaki atau tangan mengalami hambatan. Sebagai contoh, jika kita duduk dengan posisi bersimpuh atau menekan bagian bawah kaki, maka kita akan dengan mudah mengalami kesemutan. Memang, setelah kita meluruskan atau memijit kaki atau tangan yang mengalami kesemutan, maka kesemutan pun bisa berangsur-angsur menghilang. Sayangnya, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika ada beberapa jenis kesemutan yang sebaiknya kita waspadai layaknya sebagai berikut.

doktersehat-kaki-kesemutan

Jika kita termasuk sering mengalami kesemutan dimana kesemutan bisa datang dengan frekuensi cukup sering, maka kita harus mewaspadi kondisi kesemutan ini. Apalagi jika kesemutan bisa sangat mudah datang meskipun kita hanya memberikan tekanan yang kecil pada bagian tubuh. Selain itu, beberapa jenis kesemutan yang semakin terasa berat dari hari ke hari dimana kesemutan bisa terus menjalar ke berbagai bagian tubuh lainnya tentu harus diwaspadai dan bisa diperiksakan ke dokter tedekat mengingat jenis kesemutan ini bisa menjadi penanda adanya masalah diabetes atau bahkan aliran darah.

Kita bisa memberi contoh pada mereka yang memiliki hobi merokok atu penderita tekanan darah tinggi dimana pembuluh darahnya biasanya sudah memiliki pembuluh darah ternyata bisa membuat aliran darah terhambat dan tidak bisa mencapai sel saraf tepi. Selain itu, kesemutan yang kronis ini juga bisa berhubungan erat dengan penyakit jantung. Banyak kasus dimana masalah jantung yang mengalami pelemahan dalam memompa darah ternyata akan membuat darah tidak lagi mencapai sel saraf tepi sehingga beberapa bagian tubuh juga bisa menyebabkan kesemutan.

Dengan adanya berbagai resiko tersebut, maka ada baiknya kita harus memeriksakan kondisi kesemutan jika kesemutan yang terjadi terlihat aneh dan dan tidak wajar. Sebagai contoh, penderita diabetes atau masalah darah tinggi jika mengalami kesemutan harus segera mendapatkan penanganan medis yang tepat agar tidak merambat menjadi masalah yang jauh lebih buruk.