Jangan Sepelekan Keringat Dingin

DokterSehat.Com – Berkeringat adalah hal yang normal dan bahkan dianggap sehat bagi tubuh. Seringkali, keringat akan muncul dikala kita melakukan aktifitas fisik layaknya olahraga. Namun, kita juga kerap kali berkeringat saat suhu udara sangat menyengat dan kurang nyaman. Hanya saja, pernahkah anda terkena keringat dingin? Selain sangat kontras dengan keringat normal yang menyegarkan, keringat dingin ternyata bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan dan juga masalah psikis pada tubuh.

doktersehat-gangguan-kecemasan-kepribadian-menghindar

Seringkali faktor psikologis yang menjdai pemicu utama dari munculnya keringat dingin, khususnya saat kita merasa stress, kepanikan, atau ketegangan tertentu. Keringat dingin dengan penyebab ini akan segera hilang jika masalah-masalah psikis ini juga ikut menghilang. Sayangnya, bagi pakar kesehatan, keringat dingin yang tidak disebabkan karena masalah psikologis ternyata akan cukup berbahaya dan tidak dianggap remeh, apalagi jika keringat dingin terjadi pada bagian lengan, kaki, dan ketiak dengan jumlah yang sangat banyak. Selain itu, jika keringat dingin ini juga diiringi dengan rasa menggigil, pusing-pusing, hingga tubuh yang terlihat semakin pucat dan lemas, maka ada baiknya kita harus mewaspadai berbagai kondisi kesehatan yang jauh lebih besar.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika keringat dingin kerap kali disebakan oleh kondisi penurunan gula darah secara signifikan. Selain itu, ada kemungkinan terkena masalah kanker limfoma, khususnya jika keringat dingin dan penurunan berat badan kerap kali muncul dikalai perkenalan. Keringat dingin juga bisa muncul dikarenakan alergi, efek samping konsumsi obat-obatan, hingga masalah semakin minimnya pasokan darah dan oksigen di dalam tubuh.

Untuk mengatasi hal ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mulai mengubah pola makan menjadi lebih seaht dan bergizi. Selain itu, cobalah untuk membuat tubuh menjadi lebih aktif, khususnya dalam melakukan olahraga pernafasan, yoga, atau bahkan jogging. Dengan olahraga yang jauh lebih tenang dan rileks, diyakini masalah keringat dingin pun akan segera menghilang.