Jangan Sepelekan Gigi yang Tidak Rata Pada Anak

DokterSehat.Com– Banyak orang tua yang menganggap gigi tidak rata pada anak sebagai hal yang lucu. Mengingat gigi pada anak juga akan tanggal dengan sendirinya dan diganti dengan gigi lainnya, maka orang tua pun cenderung membiarkan hal ini begitu saja. Padahal, menurut pakar kesehatan, gigi yang tidak rata pada anak ternyata bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang berbahaya di masa depan.

doktersehat-gigi-bayi

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di University of Washington menunjukkan fakta mengejutkan bahwa gigi yang tidak rata pada anak ternyata membuat anak bisa mengalami kematian dini di masa depannya mengingat saat mereka tumbuh dewasa nantinya, mereka cenderung lebih beresiko terkena kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Sebelumnya, pakar kesehatan lebih menyoroti kelahiran anak dengan berat badan yang ringan yang menjadi tanda bahwa saat di dalam kandungan Ia mengalami stress akibat buruknya nutrisi yang didapatkan. Tak hanya itu, hal ini juga menandakan adanya masalah kesehatan, gangguan genetik, atau bahkan gangguan pada plasenta. Akibat dari kondisi ini, anak pun cenderung lebih mudah terkena infeksi pada masa-masa awal kehidupannya dan hal ini bisa berlanjut pada tingginya resiko terkena penyakit kronis saat anak tumbuh dewasa. Dalam beberapa kasus, hal ini juga bisa berpengaruh pada perkembangan motorik, kecerdasan, hingga kemampuan sosialisasi anak.

Hanya saja, penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul American Journal of Human Biology ini menyebutkan bahwa gigi yang tidak rata, khususnya yang disebabkan oleh tidak sejajarnya rahang, ternyata juga menandakan adanya stress lingkungan. Dr. Phillipe Hujoel, peneliti utama dari studi ini, menyebutkan bahwa dari 6.654 data anak yang dianalisa, diketahui bahwa 1 dari 4 anak mengalami ketidaksimetrisan rahang. Anak-anak dengan ketidaksimetrisan rahang in ternyata memiliki resiko terkena berbagai penyakit berbahaya di masa depan sehingga sebaiknya mulai dibiasakan melakukan gaya hidup sehat sejak kecil.