Jangan Sepelekan Gigi Berlubang

DokterSehat.com – Banyak orang yang menganggap remeh penyakit gigi berlubang. Meskipun memberikan rasa sakit, namun banyak orang yang enggan memeriksakan lebih lanjut ke dokter gigi karena menganggap penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya.  Namun, ternyata dibalik keremehannya, ternyata gigi berlubang ini menyimpan resiko yang lebih besar jika terjadi pembiaran secara berkelanjutan, bahkan dapat memicu munculnya penyakit jantung atau gagal ginjal. Mengapa hal ini bisa terjadi?

13

Ketua Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia, dr Zaura Rini Anggraini MDS menuturkan bahwa lubang pada gigi ini haruslah segera ditangani dengan benar akan membuat rasa sakit dan akar gigi membusuk. Hal ini dapat membuat gigi yang berlubang ini menjadi sumber infeksi yang menyerang organ tubuh lainnya. Darah yang berasal dari area gigi berlubang ini akan dipenuhi dengan kuman dan bakteri yang berasal dari pembusukan akar gigi. Kita semua tahu bahwa darah akan terus bersirkulasi di dalam tubuh. Hal ini membuat darah yang telah terkontaminasi itupun akan menyebar ke berbagai organ tubuh kita.

Sistem kekebalan tubuh kita dapat melemah sewaktu waktu, dan saat itu terjadi, bakteri dan kuman tersebut dapat menetap pada satu organ tertentu dan menimbulkan peradangan atau penyakit yang cukup berbahaya. Sebagai contoh adalah organ jantung ataupun ginjal. Jika salah satu atau kedua organ tersebut berhasil diserang oleh bakteri dan kuman, maka akan dapat menimbulkan gagal ginjal atau bahkan penyakit serangan jantung.

Pengobatan kedua penyakit tersebut dirasa mahal dan cukup membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan mental yang kuat. Maka untuk menghindari adanya kemungkinan mendapatkan penyakit tersebut, ada baiknya kita lebih mewaspadai gigi berlubang dan sejenisnya. Jika mulai merasakan adanya sakit, sebaiknya kita harus sedini mungkin memeriksakan gigi kita ke dokter untuk ditangani dengan benar. Pemeriksaan ke dokter gigi dua kali setahun juga perlu dilakukan untuk mencegah kondisi memburuk sehingga terjadi gigi berlubang.