Merokok Setelah Makan Jauh Lebih Berbahaya Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Kebanyakan perokok akan cenderung merasa pahit atau kurang mantap jika tidak menghisap setidaknya sebatang rokok setelah makan. Hisapan rokok akan membuat rasa puas atau lega dan membuat mereka jauh lebih tenang. Sayangnya, kebiasaan ini ternyata bisa membuat kesehatan tubuh menjadi semakin memburuk. Rokok sendiri memang sudah dikenal sangat buruk bagi kesehatan dan kandungannya yang beracun beresiko membuat munculnya beberapa penyakit berbahaya. Apa sajakah dampak buruk merokok yang dilakukan setelah makan?

doktersehat-rokok

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Illorin Teaching Hospital di Nigeria menunjukkan bahwa kegiatan merokok setelah makan ternyata lebih berbahaya 10 kali lipat jika dibandingkan dengan merokok pada waktu lain. Setelah kita mengkonsumsi makanan, tubuh pun akan bekerja untuk menyerap berbagai nutrisi yang dibutuhkan sehingga peredaran darah pun akan aktif mendistribusikan nutrisi-nutrisi tersebut. Sayangnya, zat berbahaya yang ada di dalam rokok juga akan ikut ke dalam pendistribusian nutrisi ke seluruh tubuh melalui peredaran darah sehingga racun-racun pada rokok pun akan ikut menyebar ke seluruh penjuru tubuh.

Penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai organ tubuh layaknya usus, ginjal, hati, atau bahkan organ kardiovaskular layaknya jantung akan beresiko mendapatkan berbagai penyakit berbahaya jika kita sering merokok setelah makan. Selain pada organ-organ tubuh, kebiasaan ini juga beresiko akan membuat masalah seksual pada tubuh layaknya impotensi atau bahkan penurunan kualitas sperma.

Walaupun resiko merokok di waktu selain setelah makan tidak seberbahaya layaknya waktu setelah makan, bukan berarti kita bisa sembarangan merokok mengingat dampak buruk rokok yang berasal dari berbagai kandungan berbahayanya. Memang, banyak perokok yang merasa kelu atau pahit pada mulutnya jika tidak merokok setelah makan. Namun, jika kita bisa mengalihkan rasa kelu atau pahit tersebut dengan kegiatan lain layaknya menggosok gigi, mengobrol atau bahkan mencuci piring yang dipakai untuk makan, lambat laun kebiasaan buruk ini bisa dihentikan dan kita pun terhindari dari efek buruk dari kebiaaan merokok.

Baca Juga:  Mengapa Tubuh Merah Usai Bercinta?