Jangan Sepelekan Benjolan Pada Gusi

DokterSehat.Com – Membicarakan kesehatan mulut tentu akan membuat kita berpikir langsung tentang kesehatan gigi. Dalam realitanya, sebagian masalah pada mulut terjadi pada organ gigi. Sayangnya, karena banyak terfokus pada masalah gigi, banyak orang yang justru menyepelekan kesehatan dari gusi. Padahal, jika gusi membengkak atau bahkan mengeluarkan darah, maka kita pun harus mewasapadai adanya masalah kesehatan besar pada gusi kita.

doktersehat-ibu-hami-infeksi-gigi-bayi-lahir-prematur-sariawan

Benjolan pada gusi kerap kali akan menimbulkan rasa ngilu dan bisa sangat mengganggu proses mengunyah makanan. Benjolan pada gusi ini sendiri ternyata memiliki banyak sekali jenis dalam dunia medis dimana jenis pertamanya adalah fistula. Fistula sendiri adalah reaksi pada peradangan yang terjadi pada gusi. Seringkali fistula muncul akibat adanya infeksi pada gigi berlubang. Yang mengerikan adalah, fistula bisa mengeluarkan darah atau bahkan nanah!

Benjolan pada gusi berikutnya adalah granuloma piogenik ini biasanya akan membuat gusi terlihat licin dengan batasan yang terlihat merah. Sayangnya, jika benjolan ini disentuh, maka akan terjadi pendarahan yang cukup banyak. Masalah benjolan gusi ini sendiri kerap kali terjadi karena kurang stabilnya kadar hormon pada kaum hawa.

Benjolan pada gusi berikutnya adalah granuloma sel raksasa perifer yang terjadi karena adanya iritasi atau trauma. Biasanya, pembengkakan dari granuloma jenis ini akan membuat gusi terlihat keras dengan permukaan licin dan berbenjol-benjol. Warna benjolan gusi ini sendiri bervariasi dari merah muda, hingga merah yang cenderung keungu-unguan. Seringkali gusi orang dewasa pada bagian rahang bawah bagian depan dari gigi geraham akan mudah terkena benjolan ini. Selain itu, terdapat pula benjolan pada gusi yang disebut sebagai perikoronotis yang merupakan peradangan pada jaringan lunak pada area sekitar mahkota gigi.