Jangan Sepelekan Anak Yang Sering Terjatuh

DokterSehat.Com – Saat anak masih kecil dan berlajar untuk berjalan, berlari, atau bahkan menaiki sepeda, maka kita tentu akan sering melihat anak terjatuh. Memang, terjatuh adalah sebuah fase normal bagi anak untuk mendapatkan keseimbangan tubuh dan melakukan banyak aktifitas. Sayangnya, ada anak yang sudah bertambah umurnya justru tetap memiliki kecenderungan untuk mudah terjatuh. Jika anda memiliki anak dengan usia empat atau lima tahun yang sangat mudah terjatuh meskipun berjalan atau berdiri dengan posisi lurus, maka ada baiknya kita harus mewaspadai adanya gangguan pada tubuhnya.

doktersehat-organ-genital-gatal-penyakit

Pakar kesehatan anak-anak menyebutkan jika banyak anak yang memiliki kelainan layaknya kaki yang berbentuk X atau O sehingga membaut mereka akan cenderung lebih mudah jatuh. Hanya saja, karena anak masih dalam masa pertumbuhan, maka anak pun bisa diperbaiki postur tubuhnya asalkan orang tua memperhatikan posisi tidur dan juga kebiasaan duduk. Jangan biarkan anak tertidur dengan posisi tengkurap layaknya katak dan juga duduk dengan posisi W karena bisa menyebabkan postur tubuhnya memburuk dan mudah terjatuh.

Sering terjatuh akan memiliki kaitan erat dengan keseimbangan pada anak. Pakar kesehatan berkata jika anak-anak bisa dianggap memiliki gangguan keseimbangan jika sangat mudah untuk terjatuh saat berjalan dan berlari sehingga cenderung malas melakukan kegiatan fisik. Seringkali anak yang dimanjakan atau tidak distimulasi dengan benar saat masih kecil menjadi penyebab kurangnya keseimbangan pada tubuh anak. Orang tua sendiri bisa melatih anak mendapatkan keseimbangannya kembali dengan melatihnya melakukan gerakan loncat hingga berdiri dengan posisi layaknya pesawat dengan satu kaki saja.

Meskipun cukup langka, namun kemungkinan anak mudah terjatuh karena gangguan pada penglihatannya harus kita waspadai. Beberapa anak memiliki gangguan refraksi yang membuat matanya tidak benar-benar menangkap cahaya dengan sempurna dan pandangannya kurang jelas. Hal ini bisa menyebabkan anak mudah terjatuh. Mau tidak mau kita harus memberikan asupan vitamin A yang lebih baik setiap hari dan rajin-rajin memeriksakan kondisi matanya ke dokter agar tidak mudah terjatuh kembali.