Jangan Senang Dulu, Payudara yang Membesar Bisa Jadi Adalah Gejala Kanker

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang ditakuti oleh kaum hawa di seluruh dunia adalah kanker payudara. Tak hanya membuat wanita menderita, kanker ini dikenal luas sangat mematikan. Sebenarnya, andai kanker ini sudah terdeteksi pada stadium awal, maka kanker ini cenderung mudah untuk disembuhkan. Sayangnya, kebanyakan penderita kanker payudara baru menyadari jika dirinya memiliki penyakit ini saat kondisinya sudah cukup parah atau mencapai stadium lanjut. Lantas, apa yang bisa kita lakukan agar bisa mendeteksi kanker payudara ini sejak dini?

doktersehat-kanker-payudara-breast-cancer

Pakar kesehatan Joseph Weber, MD, yang merupakan dokter spesialis bedah kanker yang berasal dari Aurora Health Care di negara bagian Milwaukee, Amerika Serikat, berkata bahwa jika wanita menemukan perubahan pada payudaranya, ada baiknya mereka segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter karena bisa jadi hal tersebut adalah gejala kanker payudara. Sebagai contoh, andai payudara mengalami pembengkakan sehingga ukurannya membesar, maka bisa jadi hal ini adalah tanda dari kanker payudara.

Memang, membesarnya ukuran payudara belum tentu menandakan gejala dari penyakit kanker mengerikan ini. Namun, bisa jadi benjolan yang muncul pada payudara muncul di bawah permukaan payudara sehingga tidak begitu terasa dan hanya membuat ukuran payudara berubah. Jika perubahan ukuran payudara ini disertai dengan rasa nyeri, maka ada kemungkinan besar hal ini adalah tanda dari kanker payudara.

Tak hanya pembengkakan pada payudara, Weber berkata bahwa andai pada permukaan payudara muncul kulit yang terasa kasar dan tebal layaknya kulit jeruk atau bahkan cekungan pada payudara, maka hal ini juga menandakan adanya kanker payudara. Tak hanya itu, puting yang mengalami perubahan atau masuk ke dalam, dan juga keluarnya cairan dari puting yang bukan merupakan ASI, maka hal ini adalah tanda dari kanker payudara yang sebaiknya diperiksakan ke dokter dengan segera untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.