Jangan Sembarangan Menggunakan Kosmetik Saat Olahraga

DokterSehat.Com – Wanita tentu selalu ingin tampil cantik kapanpun dan dimanapun, bahkan saat mereka pergi berolahraga di luar ruangan atau di pusat kebugaran. Tak hanya bisa membuat percaya diri, dengan wajah yang cantik, maka kaum hawa bisa ber-selfie saat berolahraga dan mengunggahnya di medis sosial. Karena alasan inilah kini semakin banyak produsen kosmetik yang membuat kosmetik yang diklaim bisa digunakan saat olahraga layaknya lipstick, mascara, hingga contour wajah. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, penggunaan kosmetik ini bisa jadi kurang baik untuk kesehatan kulit.

doktersehat-olahraga-senam

Pakar kesehatan dermatologi Angela Lamb menyebutkan jika saat berolahraga, wanita sebaiknya tidak perlu menggunakan kosmetik apapun. Menurut beliau, ada baiknya kita justru membersihkan wajah sebelum berolahraga agar pori-pori tidak mengalami penyumbatan mengingat pada saat olahraga ini, keringat akan lebih banyak keluar. Jika kita menggunakan kosmetik, bisa jadi malah terjadi penyumbatan yang akan memicu benjolan yang pada akhirnya menjadi jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya.

Dr. Heidi Waldorf yang berasal dari rumah sakit Mount Sinai menyebutkan jika andai kita tetap memakai make-up saat berolahraga atau tidak membersihkan kulit wajah sebelum melakukannya, maka resiko untuk terkena jerawat pun meningkat. Bahkan, andaipun kita menggunakan kosmetik non-komedo, yang terjadi adalah bahan kosmetik ini tercampur dengan keringat, luntur, dan pada akhirnya menutupi pori-pori yang akan memicu iritasi dan jerawat. tak hanya itu, kosmetik yang luntur bersama dengan keringat ini juga dikhawatirkan akan memicu iritasi pada mata.

Lantas, apakah kita tidak boleh menggunakan make-up saat berolahraga? Lamb menyarankan kita menggunakan kosmetik yang cenderung ringan, bebas minyak, dan juga tahan air. Kosmetik jenis ini dianggap cukup aman dan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan kulit meskipun kita mengucurkan keringat dengan deras saat berolahraga. Namun, sekali lagi, ada baiknya memang kita tidak menggunakan kosmetik saat berolahraga demi kesehatan kulit.