Jangan Sembarangan Mencuci Daging Ayam Mentah di Dapur

DokterSehat.Com – Salah satu bahan makanan yang digemari oleh banyak orang adalah daging ayam. Daging ayam memang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang tentu akan terasa lezat. Sayangnya, proses pengolahan daging ayam terkadang cukup merepotkan, khususnya saat kita harus mencucinya di dapur. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita harus berhati-hati saat mencuci daging ayam di dapur karena beresiko menyebabkan masalah penyebaran bakteri pada dapur.

doktersehat-dapur-bersih-bakteri

United States Department of Agriculture (USDA), menyebutkan jika daging ayam yang kita beli, baik itu dari pasar atau dari swalayan belum tentu sudah dalam kondisi yang bersih dan bisa saja memiliki beberapa jenis bakteri patogen yang berbahaya layaknya bakteri salmonella. Hal ini berarti, andai kita mencuci daging ayam di wastafel dapur, ada kemungkinan kita memicu cipratan air ke berbagai area di dapur yang bisa menyebabkan bakteri menyebar ke berbagai area dan peralatan masak di dapur.

Adanya kemungkinan penyebaran bakteri ini juga membuat Cathy Lo, food editor dari Good Housekeeping Institute Test Kitchen Associate menyarankan kita untuk mencuci daging unggas mentah, khususnya daging ayam, di luar rumah atau di tempat yang cukup jauh dengan peralatan memasak atau peralatan makan.

Lantas, bagaimana jika kita tidak memiliki tempat lain untuk mencuci daging ayam selain di dapur? Lo menyarankan kita untuk segera mencuci wastafel, pisau, wadah yang dipakai untuk mencuci daging ayam, hingga area di dapur atau peralatan memasak yang terkena cipratan air dengan air dan sabun. Selain itu, pastikan bahwa tangan kita juga dicuci dengan sabun dan air mengalir demi mencegah munculnya kontaminasi bakteri yang bisa memicu berbagai penyakit berbahaya layaknya diare.