Jangan Sembarangan Menciumi Bayi Yang Baru Lahir

DokterSehat.Com – Bayi yang baru lahir tentu akan sangat menggemaskan. Kulitnya yang cenderung sangat halus dan lembut tentu akan sangat menyenangkan untuk dicium atau diusap-usap. Sayangnya, bentuk kasih sayang pada bayi yang baru lahir ini justru bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan sang bayi itu sendiri. Begitu banyak orang yang menciumi bayi berarti akan lebih banyak resiko kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh sang bayi. Apa yang bisa kita lakukan?

shutterstock_113110369 copy

Bayi yang baru lahir memang belum benar-benar memiliki sistem pertahanan tubuh yang kuat, bahkan, dalam beberapa minggu pertama bayi masih mempergunakan sistem antibodi dari ibunya. Hal ini berarti bayi sangatlah rentan untuk terkena berbagai penyakit yang berasal dari virus atau bakteri layaknya penyakit flu, rotavirus, dan lain sebagainya. Coba anda bayangkan jika yang mencium bayi adalah anak-anak yang baru saja bermain di lapangan yang kotor atau orang dewasa yang masih dalam kondisi kurang sehat, bayi pun beresiko terkena gangguan kesehatan.

Meskipun terlihat kurang sopan, ada baiknya setiap orang yang menengok bayi yang baru lahir mencuci tangannya terlebih dahulu hingga bersih dan steril. Jika diperlukan, pencucian tangan haruslah memakai air hangat dan sabun anti kuman. Selain orang lain yang menengok, anggota keluarga yang berkesempatan menyentuh sang bayi setiap saat juga harus rajin-rajin mencuci tangannya mengingat ada banyak kuman dan bakteri di dalam rumah yang tidak kita ketahui. Kita sendiri bisa menyediakan sabun atau hand sanitizer kecil di dekat bayi sehingga siapapun bisa segera membersihkan tangannya dengan sabun tersebut sebelum menyentuh bayi.

Ada baiknya kita tidak menciumi wajah atau tangan yang terkadang dihisap oleh bayi sehingga jika ada kuman atau bakteri tidak akan mudah memasuki tubuhnya. Andaipun sudah sangat gemas, cobalah untuk lebih menyentuh area kakinya saja yang memiliki resiko paling rendah dalam menyebarkan kuman atau bakteri. Hanya saja, orang tua bayi juga sebaiknya rutin melakukan vaksinasi yang direkomendasikan agar bayi pun akan mendapatkan perlindungan yang maksimal dari berbagai penyakit berbahaya.