Jangan Sembarangan Membersihkan Telinga

DokterSehat.Com – Membersihkan telinga tentu harus dibersihkan agar selalu dalam keadaan yang sehat dan tidak kotor. Dengan telinga yang bersih dan sehat, maka kita bisa menjaga pendengaran kita dalam kondisi yang  baik. Hanya saja, telinga adalah salah satu organ yang cukup rawan jika kita sembarangan membersihkannya. Di dalam lubang telinga, banyak organ pendengaran penting yang bisa saja terluka atau rusak jika kita terlalu kuat dan asal-asalan dalam membersihkan telinga.

doktersehat-telinga-masuk-air-gatal-jerawat

Tahukah anda, secara alamiah tubuh ternyata sudah bisa mengeluarkan kotoran telinga dengan sendirinya. Gerakan rahang saat kita mengunyah makanan ternyata bisa membuat kotoran telinga lambat laun keluar dari lubang telinga dan mengering. Hanya saja, kadang kala kotoran telinga memang cukup mengganggu sehingga kita tentu ingin mengoreknya dengan cotton bud. Beberapa orang bahkan bisa memakai kayu, peniti, atau bahkan lidi untuk membersihkan telinga. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi organ pendengaran.

Berhati-hatilah dalam membersihkan telinga mengingat anda tidak akan bisa melihat lubang telinga saat membersihkannya. Jika anda memasukkan cotton bud terlalu dalam, bisa jadi cotton bud akan meninggalkan beberapa serpihan yang bisa membuat masalah pada telinga. Gunakan cotton bud yang tidak mudah lepas untuk menghindari masalah ini. Jangan sampai anda memasukkan cotton bud terlalu dalam dan pada akhirnya melukai beberapa organ pendengaran karena anda bisa membuat infeksi. Jangan menekan kotoran telinga dengan keras dan lakukan dengan lembut untuk mencegah hal ini terjadi.

Jangan gunakan pengorek kuping yang terbuat dari bahan yang cenderung lancip dan keras. Pengorek telinga yang keras atau lancip ternyata bisa membuat luka pada organ pendengaran layaknya gendang telinga. Jika anda memasukan pengorek kuping dengan keras, gendang telinga pun bersiko terluka atau bahkan robek yang tentu akan membuat anda kehilangan pendengaran.

Baca Juga:  Perilaku Ini Bisa Mempercepat Metabolisme Tubuh

Jika anda ingin memakai cotton bud dengan lebih aman, anda juga bisa memakai trik unik dengan meneteskan baby oil pada lubang telinga. Baby oil ini ternyata bisa membuat kotoran menjadi lebih lembek sehingga akan mudah menempel pada cotton bud dan bisa sesegera mungkin ditarik tanpa membuat organ pendengaran terluka.