Jangan Sembarangan Membawa Tas di Siku

DokterSehat.Com – Jika kita mau mencermati, tas-tas yang dipakai oleh kaum wanita memiliki bentuk dan model yang jauh lebih beragam daripada tas yang dimiliki oleh pria. Jika kaum pria hanya akan cenderung memilih tas punggung atau tas samping yang kini justru lebih mirip dengan tas jinjing laptop, maka kaum wanita memiliki beragam jenis. Untuk jenis tas jinjing saja kita bisa menemukan variasi jenis tali. Salah satu jenis tas jinjing yang banyak disukai wanita adalah yang memiliki tali cenderung pendek dimana selain ditempatkan pada salah satu bahu, tas ini juga bisa dijinjing pada siku tangan.

doktersehat-wanita

Tas jinjing yang dibawa pada siku memang bisa memberikan kesan modis dan gaya bagi pemiliknya. Sayangnya, dibalik kelebihan fashion ini, tas yang dibawa pada siku bisa memberikan dampak bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam membuat peradangan pada tendon dan persendian yang disebut tendinitis.

Tendinitis sendiri seringkali disebabkan oleh gerakan tubuh yang berulang-ulang, khususnya yang dilakukan dengan postur atau posisi yang kurang ideal dan juga dengan mengeluarkan tenaga dengan berlebihan. Gejala awal tendinitis pada tangan yang disebabkan oleh tas jinjing yang dibawa pada siku adalah munculnya rasa nyeri pada tangan, khususnya jika tangan digerakkan untuk melakukan beberapa aktifitas. Rasa nyeri ini bisa muncul dengan frekuensi lebih sering dan disertai dengan kemerahan, pembengkakan, dan juga panas, tanda-tanda umum dari peradangan.

Banyak wanita yang memiliki kebiasaan menjinjing tas pada siku selama bertahun-tahun dan baru merasakan gejala tendinitis ini. Meskipun terlihat mudah dilakukan, beban yang ada dalam tas bisa memicu rasa nyeri pada siku bagian dalam dan lama kelamaan akan membuat tangan sulit digerakkan. Jika rasa nyeri karena tendinitis masih ringan, kita bisa mengurangi pembengkakan dengan memberikan kompres es dan mengistirahatkan lengan yang terasa sakit. Andai cara ini tidak berhasil, mau tidak mau kita harus memeriksakan tangan kita ke dokter untuk perawatan medis yang tepat. Satu hal yang pasti, kita tidak boleh lagi membawa tas pada siku karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang tidak baik.