Jangan Sembarangan Memakai Tetes Mata

DokterSehat.Com – Obat tetes mata seringkali sangat mudah ditemukan di rumah-rumah karena banyak orang yang membutuhkannya untuk mengatasi masalah cedera mata ringan, mata lelah, mata kering, atau mata merah. Sayangnya, karena kerap dianggap sebagai obat ringan, banyak orang yang menggunakan obat tetes mata ini secara sembarangan. Padahal, kita harus menggunakannya sesuai dengan aturan agar tidak mengalami masalah kesehatan pada mata kita. Apa sajakah aturan penggunaan obat tetes mata tersebut?

doktersehat-tetes-mata

Pakar kesehatan menyebutkan jika obat tetes mata sangat mudah digunakan karena tinggal meneteskan cairannya saja setelah tutup botol dibuka. Hanya saja, ada baiknya kita selalu mengecek tanggal kadaluwarsa dari obat mata ini sebelum digunakan karena andai mata terkena cairan yang sudah kadaluwarsa, tentu akan sangat berbahaya. Selain itu, jangan sembarangan memakai beberapa jenis obat tetes mata secara bersamaan karena bisa jadi akan memicu masalah kesehatan pada mata. Sebagai informasi, ada beberapa jenis obat tetes mata yang berbeda dan memang ditujukan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tertentu pada mata.

Ada hal-hal lain yang juga harus kita perhatikan saat menggunakan obat tetes mata, yakni, ada baiknya kita tidak meneteskan obat mata ini pada saat masih memakai lensa kontak. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk melepas lensa kontak terlebih dahulu dan setidaknya menunggu 15 menit dan barulah kita bisa memberikan obat tetes mata ini. Selain itu, jangan biarkan ujung dari penetes obat ini menyentuh mata kita karena dikhawatirkan ada bakteri dan kuman yang nantinya berpindah ke mata dan menimbulkan masalah infeksi pada mata.

Hal lain yang harus diperhatikan namun sayangnya kerap disepelekan adalah banyak orang yang berbagi obat tetes mata dengan orang lain. Ada baiknya kita tidak melakukan hal ini karena bisa memicu masalah penyebaran kuman dan infeksi yang tentu bisa berimbas buruk bagi kesehatan mata.