Jangan Sembarangan Cabut Gigi!

Doktersehat.com – Bagi kebanyakan orang mencabut gigi dianggap bukanlah hal yang sulit dilakukan sendiri. Oleh karena itu, sebagian orang memilih untuk mencabutnya sendiri tanpa bantuan dokter.



Padahal mencabut gigi sendiri tanpa bantuan ahli bisa berakibat fatal. Infeksi pada gigi bisa saja terjadi akibat proses mencabut gigi yang tidak tepat.

Terjadinya infeksi pada sisa gigi dapat mempengaruhi gusi dan organ vital lainnya. Dari beberapa kasus sinusitis, infeksi pada gigi menjadi faktor utama penyebabnya.

Bagaimanapun juga semua prosedur pencabutan gigi termasuk bedah. Bila dilakukan oleh sembarang orang yang notabene bukan ahli medis maka bisa menimbulkan sumber infeksi.

Walaupun demikian, masih ada beberapa orang yang memilih langkah aman dengan mencabut giginya pada dokter yang ahli dibidangnya. Kebanyakan orang mengaku takut mencabut gigi sendiri karena adanya mitos yang menyebutkan bahwa mecabut gigi sembarangan bisa mengakibatkan kebutaan.

Perlu diketahui bahwa tidak ada hubungan langsung antara saraf gigi dan sraf mata. Maka bisa saja dilakukan prosedur pencabutan gigi, selama gigi yang akan dicabut tidak terinfeksi, tidak bengkak, dan sudah mengonsumsi antibiotik sebelumnya.

Pencabutan gigi berlubang sebenarnya tidaklah mutlak. Gigi berlubang masih bisa dipertahankan dengan melakukan perawatan saraf. Sehingga Anda masih bisa mempertahankan gigi.

Sebaiknya lakukan rontgen foto panoramix sebelum melakukan pencabutan dan jangan lupa konsultasi dengan dokter gigi.

 

Sumber: okalina.com