Jangan Sembarangan Berolahraga Andai Ingin Cepat Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com – Pakar olahraga dan juga koki sehat Katy Clark menyebutkan jika salah satu kunci menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif adalah dengan rutin berolahraga dan menerapkan pola makan sehat dengan kadar gizi yang seimbang. Hanya saja, menurut beliau, olahraga yang dilakukan juga tidak boleh asal-asalan. Clark menyebutkan jika setidaknya ada tiga kriteria dalam melakukan olahraga yang akan membantu kita segera menurunkan berat badan. Seperti apakah kriteria-kriteria tersebut?

doktersehat-lari-jogging-olahraga

Berolahraga dengan konsisten
Clark menyebutkan jika berolahraga dengan konsisten akan membuat kita lebih cepat menurunkan berat badan. Menurut beliau, andai kita konsisten berolahraga setidaknya satu jam dan dilakukan empat kali dalam seminggu, maka berat badan kita pun akan segera turun. Untuk menjaga konsistensi ini, Clark menyarankan kita untuk melakukan olahraga yang kita sukai, berolahraga bersama dengan teman, atau setidaknya memilih pusat kebugaran yang sepertinya nyaman atau menarik.

Membangun kekuatan otot
Clark menyarankan setiap orang yang ingin menurunkan berat badan sebaiknya mengombinasikan olahraga yang Ia sukai dengan latihan angkat beban secara rutin. Latihan angkat beban memang akan membangun kekuatan otot tubuh, namun latihan ini juga akan membuat kita lebih baik dalam menurunkan berat badan. Kita tidak perlu harus mengangkat beban yang terlalu berat karena yang utama adalah rutinitas dan konsistensinya. Dengan melakukan hal ini, selain berat badan kita semakin menurun, kita juga akan mendapatkan bonus berupa bentuk tubuh yang jauh lebih baik.

Berolahraga hingga merasa lelah
Clark menyebutkan jika andai kita memang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka olahraga yang kita lakukan harus membuat kita berkeringat, kecepatan pernafasan meningkat, dan merasakan sakit atau pegal-pegal pada beberapa bagian tubuh layaknya paha atau betis. Hal ini menandakan jika kita sudah berusaha untuk melakukan latihan tubuh dengan maksimal sehingga diharapkan ada banyak lemak yang terbakar.