Jangan Sampai Terlambat, Orang Tua Harus Tahu Gejala Meningitis Pada Anak Ini!

DokterSehat.Com– Meningitis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada membran selaput otak dan saraf tulang belakang. Penyebab dari meningitis cukup banyak, namun, kita bisa mengenali beberapa gejala pada penyakit yang kerap menyerang anak-anak ini seperti sebagai berikut.

doktersehat-anak-sakit-panas-demam

Demam yang muncul secara tiba-tiba
Salah satu gejala paling umum dari meningitis adalah demam yang muncul tiba-tiba. Tak hanya itu, badan anak terus gemetar dan mengeluhkan sensasi kedinginan. Suhu tubuh juga akan meningkat dengan cepat.

Sakit kepala parah
Sakit kepala yang disebabkan oleh oleh meningitis sangatlah kuat dan tak tertahankan. Bahkan, rasa sakit ini bisa menjalar hingga ke leher.

Pandangan ganda atau kabur
Mereka yang terkena meningitis akan kesulitan untuk mendapatkan penglihatan yang jernih. Bahkan, benda-benda yang dilihatnya akan menjadi ganda atau kabur.

Sensitif dengan cahaya terang
Tak hanya pandangan yang mengganda, mata penderita meningitis akan sangat sensitif dengan cahaya terang. Mereka pun akan kesulitan untuk berada di ruangan yang terang atau terpapar sinar matahari. Jika mereka melihat cahaya terang, mata akan berair dan mengalami sensasi mual-mual serta sakit kepala yang semakin parah.

Sakit perut, mual, dan muntah
Penderita meningitis akan kehilangan nafsu makan karena rasa mual yang terus muncul yang disertai dengan sakit perut dan muntah-muntah.

Otot oksipital yang terasa kaku
Tubuh anak dengan meningitis biasanya akan berada dalam posisi yang khas, yakni berbaring dengan posisi miring dengan kepala mendongak ke belakang dan kaki yang tertekuk. Biasanya, orang tua akan kesulitan untuk meluruskan kakinya.

Gejala Brudzinski pada leher
Gejala Brundzinski pada leher bisa dikenali sebagai kondisi saat kita memposisikan anak dengan posisi telentang dan membuat kepalanya dianggukkan menuju dada. Setelah melakukan hal ini, kakinya tiba-tiba saja akan menekuk di lututnya dan sangat sulit untuk diluruskan kembali.

Baca Juga:  Gara-Gara Sering Dicium Orang Lain, Bayi Ini Meninggal Dunia

Ruam-ruam yang sulit untuk memudar
Ruam-ruam pada kulit adalah tanda khas dari meningitis. Jika kita menekan gelas beling pada ruam-ruam pada kulit, ruam-ruam yang tidak disebabkan oleh meningitis akan memudar. Namun, jika ruam-ruam ini tidak memudar, maka hal ini adalah tanda dari meningitis.

Jika anak mengalami hal ini, orang tua sebaiknya harus segera melarikannya ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.