Jangan Salah, Pemilihan Jenis Sabun Juga Penting Untuk Kulit

DokterSehat.Com – Seringkali kita memilih sabun dengan asal tanpa memperhitungkan banyak hal. Sebagai contoh, banyak anak kos yang akan memilih sabun batangan yang paling murah karena berpikir jika asalkan mereka sudah mandi dengan sabun, badan sudah bersih dari berbagai kuman dan bakteri. Selain itu, beberapa orang lain juga hanya memilih sabun karena cocok dengan aromanya. Hal ini ternyata kurang baik bagi kesehatan kulit kita mengingat setiap manusia memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ingatlah bahwa sabun tidak hanya berfungsi untuk membersihkan kotoran dari kulit, namun juga ikut menentukan kesehatan, kelembutan, hingga penampilan kulit.

doktersehat-mandi-air-hangat-tidur-nyenyak

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, ada yang kulitnya cenderung kering, berminyak, hingga yang sensitif. Mereka yang memiliki kulit kering sebaiknya menggunakan sabun yang memiliki kandungan pelembab alami layaknya sabun yang memiliki kandungan minyak zaitun atau bunga matahari. Sementara itu, jika kita memiliki kulit yang cenderung berminyak, maka sebaiknya kita memakai sabun yang memiliki kandungan anti bakteri mengingat jenis kulit ini cenderung memiliki lebih banyak bakteri. Sementara itu, jika kita cenderung memiliki kulit kombinasi, maka kita sebaiknya menggunakan sabun dengan bahan yang cenderung lembut dan memiliki bahan kimia dengan kadar yang sangat minimal.

Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah, manakah yang lebih baik, apakah sabun batang atau sabun cair? Pakar kesehatan menyebutkan jika sabun batang biasanya kaya akan kandungan sodium hidroksida yang efektif menghilangkan kotoran dari kulit. Sayangnya, kandungan ini justru mudah membuat kulit kering. Hal ini berarti, jika kita memiliki kulit kering, maka kita sebaiknya memakai sabun batang yang rendah alkali seihngga resiko munculnya iritasi atau kulit kering bisa diminalisir.

Baca Juga:  Lepaskan Lensa Kontak Saat Mandi Dan Berenang

Sabun cair akan cenderung memiliki pelembab alami untuk menjaga kelembaban sehingga bisa membuat kulit menjadi lebih lembut. Sabun cair juga akan sangat baik untuk digunakan mereka yang berkulit kering karena memiliki kandungan pelembab alami. Selain itu, terdapat jenis sabun cair yang disebut sebagai shower gel yang cenderung lebih kental dan wangi. Sabun ini diyakini akan sangat baik bagi kita yang memiliki kulit cenderung berminyak.