Jangan Salah, Orang Dewasa Juga Butuh Vaksin Difteri Lho

DokterSehat.Com– Iris Rengganis, pakar imunologi yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebutkan bahwa vaksin difteri ternyata juga dibutuhkan oleh orang dewasa, bukan hanya bagi anak-anak dan remaja saja. Vaksin ini sangat diperlukan untuk mencegah sekaligus melindungi kita dari bahaya difteri yang sedang mewabah di Indonesia.

doktersehat-suntik-hormon-injeksi-flu-burung-vaksin

Bagi orang dewasa yang berada di wilayah dengan Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri, ada baiknya segera melakukan vaksinasi difteri demi mencegah datangnya penyakit mengerikan ini. Sementara itu, bagi mereka yang berada di luar daerah KLB, yang sangat disarankan untuk mendapatkan vaksin difteri adalah para suster, dokter, dan tenaga medis lainnya yang berinteraksi dengan penderita difteri secara langsung.

Dengan adanya imbauan ini, anggapan masyarakat yang menyebutkan bahwa vaksin difteri hanya diperuntukkan bagi orang dengan usia di bawah 18 tahun dianggap tidak tepat adanya. Semua orang dari kalangan usia membutuhkannya, apalagi jika berada di daerah dimana kasus difteri sedang marak dan bisa saja menular setiap saat.

Di tahun 2017 ini, ada 6 daerah di Indonesia yang memiliki kasus difteri paling banyak, yakni Jawa Timur dengan 271 kasus, Jawa Barat dengan 95 kasus, Banten dengan 81 kasus, Aceh dengan 76 kasus, Sumatera Barat dengan 20 kasus, dan DKI Jakarta dengan 16 kasus. 18 Persen dari total kasus difteri ini menyerang orang dewasa dengan usia 19 hingga 40 tahun meskipun memang kasus difteri paling banyak masih dialami oleh anak-anak dan remaja. Hanya saja, fakta ini juga menunjukkan bahwa difteri bisa menyerang siapa saja, termasuk orang dewasa.

Vaksin yang diberikan bagi orang dewasa adalah 1 dosis vaksin lengkap dan kemudian dilanjtukan dengan 3 kali vaksin penguat yang diberikan dengan jarak 4 minggu, dan 6 hingga 12 bulan. Hanya saja, vaksin ini hanya akan berfungsi dengan maksimal selama 10 tahun sehingga setelahnya, perlu diberikan vaksin penguat lagi.

Baca Juga:  Agar Tidak Tertular Difteri Akibat Terompet Tahun Baru, Lakukan Hal Ini

Jika anda ingin mendapatkan vaksin difteri, segera hubungi layanan medis terdekat seperti puskesmas untuk mendapatkan informasi yang lengkap.