Jangan Salah, Kulit Juga Bisa Terkena Dehidrasi

DokterSehat.Com – Banyak dari kita yang berpikir jika dehidrasi hanya akan membuat tubuh kita menjadi haus. Padahal, ada cukup banyak dampak negatif dari masalah kesehatan ini, termasuk diantaranya adalah bagi kesehatan kulit. Dehidrasi ternyata mampu menyebabkan masalah kulit kering yang biasanya ditandai dengan rasa gatal-gatal yang berlebihan pada kulit, mudahnya kulit terkena iritasi, kulit menjadi lebih kusam dan kasar, serta bibir yang pecah-pecah. Menurut pakar kesehatan, dehidrasi pada kulit ini terjadi saat cairan yang ada di dalam kulit hilang sebanyak 10 persen atau lebih sehingga kelembaban alaminya pun menghilang.

doktersehat-kulit-keriput-sinar-ultraviolet-kanker

Tak hanya karena kurang asupan air minum, dehidrasi pada kulit juga bisa disebabkan oleh beberapa aktifitas harian yang kita lakukan sehari-hari seperti sebagai berikut.

Lama berdiam di ruangan ber-AC
Banyak orang yang selama di siang hari hanya beraktivitas di dalam ruangan ber-AC untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Memang, suhu di dalam ruangan ber-AC cukup sejuk sehingga sangat nyaman untuk digunakan. Sayangnya, paparan udara dingin dari peralatan elektronik ini ternyata cukup mudah membuat kulit menjadi kering. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk rutin menggunakan lotion pelembab kulit andai lama beraktifitas di ruangan ber-AC.

Sering terkena paparan sinar matahari
Tak hanya mereka yang bekerja di dalam ruangan ber-AC, mereka yang bekerja di bawah paparan sinar matahari juga akan lebih mudah terkena masalah kulit kering. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu menggunakan pelembab saat beraktifitas di luar ruangan. Pastikan pelembab ini memiliki kandungan SPF minimal di angka 15 demi mencegah paparan ultra violet berlebihan yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan kulit.

Terlalu sering menggunakan pembersih kulit
Jika kita kerap menggunakan pembersih kulit, yang terjadi justru kelembaban alami kulit ikut terkikis dan menyebabkan masalah kulit kering. Gunakan dengan frekuensi sewajarnya saja atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga:  Benarkah Sabun Mandi Bisa Membuat Kulit Kering dan Rusak?

Sering mandi air hangat
Mandi air hangat memang sangat nyaman bagi tubuh dan pikiran. Hanya saja, hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Selain menurunkan frekuensi mandi air hangat, cobalah untuk segera mengoleskan pelembab pada kulit setelah melakukannya demi mencegah masalah kulit kering.