Jangan Remehkan Sakit Perut, Kenali Ragam Dan Macamnya!

DokterSehat.Com – Sakit atau nyeri perut bisa dikatakan dialami oleh semua orang. Sebagian besar tidak memiliki penyebab yang serius. Tapi, ada beberapa sakit perut yang menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius dan berbahaya. Kita harus bisa mengenali gejala yang muncul pada sakit perut untuk mengetahui penyebabnya dan bisa diobati dengan cepat.

doktersehat-Dispepsia-Asites

Sakit pada bagian perut bisa mengacu pada kram perut atau pun sakit perut biasa. Biasanya kondisi ini berlangsung sementara dan tidak berbahaya. Jika sakit perut yang parah terjadi secara tiba-tiba dan terpusat pada satu titik tertentu, biasanya ini pertanda keadaan darurat. Segera hubungi dokter jika hal ini terjadi. Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit perut yang umum terjadi:

  1. Sakit Perut yang Disertai Diare

Diare merupakan salah satu kondisi yang paling umum terjadi di kalangan masyarakat Indonesia, terutama pada anak-anak. Kram perut yang sering muncul disertai dengan diare kemungkinan disebabkan oleh gastroenteritis. Gastroenteritis adalah peradangan pada perut dan juga usus yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Orang yang menderita gastroenteritis biasanya mengalami diare dan juga muntah-muntah. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh norovirus dan juga bakteri penyebab keracunan makanan yaitu salmonella dan campylobacter.

Selain gastroenteritis, penyebab umum sakit perut yang disertai diare adalah disentri, reaksi alergi, infeksi cacing, tifus, sindrom pramenstruasi, dan efek samping obat-obatan.

  1. Sakit Perut Secara Mendadak dan Parah

Meski hampir semua sakit atau kram perut akan sembuh dengan sendirinya, tapi jika rasa sakit bagian perut yang dialami sangat menyiksa, segera temui dokter atau ke rumah sakit secepatnya. Bisa jadi ini adalah gejala penyakit yang serius. Jika benar, kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga:  Hujan-Hujanan Ternyata Juga Bisa Memberikan Kebaikan Lho

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan sakit perut yang mendadak dan bersifat berat atau serius:

  1. Radang usus buntu
  2. Batu ginjal
  3. Tukak peptik (luka pada dinding perut atau usus halus)
  4. Divertikulitis (peradangan pada divertikulum atau kantong-kantong kecil pada dinding usus besar)
  5. Batu empedu
  1. Sakit Perut Kambuhan atau Kronis

Sakit perut yang terjadi secara kambuhan atau pun kronis (dalam jangka waktu lama) perlu diperiksakan ke dokter agar penyebab dasarnya bisa diketahui. Beberapa penyebab sakit perut kambuhan atau kronis pada orang dewasa meliputi konstipasi, menstruasi, infeksi saluran kemih, dan sakit maag. Sedangkan penyebab yang lebih jarang adalah penyakit Crohn, sindrom iritasi usus.

Jika gejala sakit perut yang Anda alami tidak membaik atau disertai gejala-gejala seperti di bawah ini, disarankan untuk menemui dokter. Maka saat yang Tepat untuk Mencari Bantuan medis adalah sesegera mungkin apabila menemui gejala-gejala yang berkaiatan dengan gejala-gejala penyakit yang bersangkutan. Lebih lanjut beberapa gejala di bawah ini mungkin adalah petunjuk adanya masalah serius di dalam perut dan membutuhkan perawatan secepatnya atau mengunjungi unit gawat darurat

  1. Muntah darah.
  2. Buang air besar bercampur darah.
  3. Kesulitan bernapas.
  4. Merasakan sakit perut pada saat hamil.
  5. Menjaga Kesehatan Perut

Jangan pernah sepelekan nyeri perut karena setiap nyeri akan berbeda penyebabnya. Segera hubungi dokter dan mencari pengobatan agar penyakit yang diderita tidak semakin parah.