Jangan Remehkan Sakit Kepala Saat Hamil

DokterSehat.Com – Saat hamil, ibu akan mengalami banyak sekali gangguan kesehatan tubuh. Sebagai contoh, pada trimester pertama, ibu hamil bisa mengalami rasa mual-mual yang sangat hebat dan bahkan bisa memicu hilangnya nafsu makan. Selain itu, tubuh juga bisa mengalami nyeri pada bagian punggung dan kaki mengingat adanya perubahan bentuk tubuh saat kehamilan. Namun, tahukah anda, ibu hamil juga bisa mengalami sakit kepala yang sangat terasa.

doktersehat-kehamilan-hamil

Kita bisa saja mengkonsumsi obat pereda sakit kepala jika terserang sakit kepala yang berat, namun, ibu hamil tidak bisa. Banyak pakar kesehatan yang berpendapat jika obat sakit kepala bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan janin di dalam rahim. Hal ini berarti andai ibu hamil mengalami sakit kepala, yang bisa ia lakukan tentu hanya beristirahat dan menunggu hingga sakit kepala reda, bukan? Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Ibu hamil bisa mengalami sakit kepala yang disebut sebagai kondisi pre elampsia. Sakit kepala ini sebenarnya termasuk hal yang normal di masa kehamilan. Hanya saja, sakit kepala bisa sangat menyiksa dan bahkan andai ibu hamil sudah beristirahat, sakit kepala tidak mudah hilang dan bisa membuat pandangan menjadi kabur atau berbayang. Sakit kepala pre eklampsia biasa terjadi pada masa trimester kedua dan ketiga kehamilan. Disamping sakit kepala yang hebat, tekanan darah pada ibu hamil juga cenderung meningkat dan tubuh juga bisa mengalami pembengkakan, khususnya di area tangan atau kaki. Jika kondisi ini dibiarkan saja, kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin pada rahim bisa terganggu.

Karena adanya larangan untuk tidak asal meminum obat sakit kepala sembarangan, ibu hamil sebaiknya segera memeriksakan kondisinya ke dokter spesialis kandungan untuk bisa mendapatkan penanganan yang tepat jika tiba-tiba merasakan sakit kepala yang sangat berat dan berlangsung cukup lama. Dengan penanganan yang tepat, perkembangan janin pun tidak akan terganggu dan ibu hamil tidak lagi tersiksa dengan sakit kepala yang berat.