Jangan Remehkan Benjolan Merah Di Kulit Kelamin

DokterSehat.Com – Waspadai jika Anda memiliki benjolan di sekitar kemaluan. Sebab, bisa saja benjolan tersebut berbahaya. Bagaimana Anda dapat mengetahui apakah itu tidak masalah atau justru ancaman bagi kesehatan seksual Anda? Anda mungkin perlu mempertanyakan apakah kebiasaan seksual Anda sudah cukup bersih dan sehat.



Untuk mengetahui 100 persen kondisi ini, Anda perlu menemui dokter kebidanan. Namun, berikut ini ada sedikit bantuan untuk mengidentifikasi apakah benjolan merah itu sekedar masalah kulit biasa atau PMS.

Rasa sakit

Jika benjolan-benjolan yang ada hanya menimbulkan ketidaknyamanan ringan saat disentuh, itu bisa jadi hanya karena rambut yang tumbuh ke dalam, kata Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis ob-gyn di Yale School of Medicine.
Kutil kelamin sebenarnya juga tidak menyebabkan rasa sakit baik. Tetapi herpes bisa terasa benar-benar buruk, bahkan menimbulkan rasa terbakar ketika buang air kecil. Jika rasa sakit sangat parah, maka dokter Anda perlu memeriksa Anda.

Tekstur

Benjolan halus menyakitkan yang menonjol keluar dari kulit mungkin hanya kutil, kata Minkin. Kutil hanyalah pertumbuhan kulit yang umum dan jinak, yang sering muncul di sepanjang daerah tubuh di mana kulit sering digosok dengan kulit, seperti selangkangan dan paha bagian atas.

Sementara bila kulit tersebut terasa bergerigi dan kasar, seperti kembang kol, itu bisa jadi kutil kelamin, kata Minkin. Ini disebabkan oleh virus HPV dan ditularkan melalui kontak seksual dari kulit ke kulit.

Kutil kelamin tidak akan menyebabkan sesuatu yang lebih serius. Tapi Anda masih perlu untuk menemui dokter kandungan untuk mencari tahu cara terbaik untuk menghilangkannya. Dengan demikian, Anda tidak akan menyebarkannya ke orang lain.

Tertutup dan terbuka

Baca Juga:  Ketahui Penyebab Kencing Darah

Satu atau beberapa benjolan merah yang tertutup dan tetap tertutup sampai mereka sembuh adalah razor bumps, jerawat, atau ruam yang dipicu reaksi alergi, kata Minkin. Sementara herpes keluar sebagai benjolan merah yang dapat pecah dalam beberapa hari.

Jika itu yang Anda temui, dokterlah yang perlu segera diberi tahu. Dokter bisa memberi tes dan resep obat-obatan yang akan memudahkan penyembuhan infeksi. Demikian seperti dilansir dari Womenshealthmag, Selasa (12/5/2015).

BACA JUGA : Merokok Di Usia Muda, Makin Sulit Berhenti