Jangan Ragu Jika Ingin Mengambil Cuti, Manfaatnya Banyak Lho Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Menjelang akhir pekan, cukup banyak orang yang mempertimbangkan untuk mengambil cuti. Dengan melakukannya, maka mereka pun bisa mendapatkan waktu liburan yang lebih panjang sehingga bisa melakukan rekreasi ke berbagai tempat yang indah atau setidaknya beristirahat dengan lebih lama. Sayangnya, ada yang ragu untuk mengambil cuti karena khawatir akan berbagai hal seperti tidak diijinkan oleh atasan atau takut pekerjaan akan semakin menumpuk karena ditinggalkan. Namun, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak ragu untuk segera mengambilnya jika memang membutuhkannya.

doktersehat-overtime-sibuk-kerja-lembur-stress-memunda-pekerjaan-wanita-resiko-jantung-resiko-kesehatan-wanita-karir

Pakar kesehatan di bidang okupasi bernama dr. Nuri Perwito Adi menyebutkan bahwa cuti sangatlah penting jika kita ingin mengendalikan stress dengan baik. Dengan mengambil cuti saat pikiran sudah merasa lelah, dan jenuh dengan pekerjaan sehingga tidak bisa lagi melakukan performa yang maksimal, maka kita bisa menyegarkan kembali pikiran sekaligus mencegah datangnya stress.

Sebenarnya, stress juga diperlukan untuk membuat kita fokus dan bersemangat menyelesaikan target pekerjaan. Hanya saja, stress yang berlebihan karena disebabkan oleh beban pekerjaan yang berlebihan atau lingkungan kerja yang tidak sehat, maka hal ini bisa memicu datangnya masalah mental seperti gangguan kecemasan dan bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan psikis dan fisik.

Agar tidak mengalami masalah kesehatan ini, jangan ragu untuk mengambil cuti saat membutuhkannya. Pastikan untuk melakukannya demi kesehatan tubuh, psikis, dan kembalinya performa kerja setelah kembali dari masa cuti.