Jangan Pinjamkan Barang Berikut Agar Tidak Mudah Tertular Penyakit

DokterSehat.Com – Banyak sekali kasus dimana penyakit berbahaya bisa menular hanya karena kita meminjamkan barang-barang pribadi kita pada orang lain. Barang-barang pribadi yang dipakai bersamaan tentu akan membuat perpindahan kuman, bakteri, atau bahkan racun yang berasal dari orang lain ke tubuh kita menjadi lebih mudah. Sebagai contoh, banyak wanita yang memakai tester kosmetik layaknya lipstik secara sembarangan sehingga kuman dari bibir orang lain akan mudah berpindah ke bibirnya dan memasuki area mulut sehingga bisa menyebabkan penyakit diare atau berbagai masalah pencernaan lainnya. Berikut adalah beberapa barang yang sebaiknya tidak kita pinjamkan ke orang lain agar tidak terkena penyakit menular.

shutterstock_300439724 copy

Handuk adalah barang pribadi pertama yang tidak boleh kita pinjamkan ke orang lain. Kuman tentu akan mudah berpindah dari satu orang ke orang lain karena handuk digunakan dengan digesekkan ke kulit di seluruh tubuh. Handuk yang basah dan lembab juga cenderung menjadi tempat favorit bagi bakteri untuk berkembang dengan pesat. Hal yang sama juga berlaku untuk pakaian, khususnya pakaian dalam. Pakaian akan menempel secara langsung dengan kulit sehingga perpindahan kuman, bakteri, atau bahkan jamur bisa sangat mudah terjadi.

Jika kita tinggal di kos-kosan atau asrama, banyak orang yang akan meminjam beberapa peralatan layaknya sisir, gunting kuku, atau bahkan alat pencukur karena dianggap tidak akan menularkan berbagai macam penyakit. Hal ini ternyata salah. Sisir akan bersentuhan langsung dengan rambut dan jika seseorang mengalami masalah kutu rambut atau bahkan kurap tentu akan bisa menularkan penyakit tersebut ke orang lain. Gunting kuku juga akan tidak baik jika digunakan oleh banyak orang mengingat ujung kuku adalah salah satu tempat favorit bagi kotoran, bakteri, atau kuman untuk tinggal. Hal berikutnya adalah alat pencukur. Tahukah anda, alat pencukur juga bisa menjadi media penularan banyak penyakit berbahaya, apalagi jika alat pencukur ini membuat kulit terkelupas dan berdarah sehingga berbagai penyakit menular dari bekas darah tersebut.

Baca Juga:  Tidur Tanpa Bantal Ternyata Menyehatkan

Jika saja anda merasa tidak enak karena peralatan tersebut sudah terlanjur dipinjam oleh orang lain, anda bisa mulai memakai peralatan anda sendiri dan pisahkan dengan peralatan yang banyak dipakai bersama dengan orang lain. Dengan memakai banyak barang secara pribadi, maka resiko untuk mendapatkan penularan penyakit pun akan jauh menurun dan badan akan tetap dalam kondisi yang sehat.