Jangan Pijat saat Terkilir

Doktersehat.com – Tangan merupakan salah satu organ yang mempunyai banyak fungsi. Organ ini sangat membantu kita menjalankan aktivitas seperti memegang, menekan, atau menahan sesuatu. Menurut dr Lukman hampir setengah area pada otak berfungsi untuk mengatur kinerja tangan.



Sayangnya, cedera pada tangan sering dianggap sepele. Saat tangan cedera biasanya hanya ditangani dengan memeberi plester luka. Jika tangan terkilir cukup dipijat saja. Padahal penanganan yang sederhana  belum tentu tepat.

Luka kecil saja pada tangan bila mengenai saraf dapat berakibat fatal. Bisa membentuk jaringan parut, bahkan bila terlalu parah, tangan yang terluka tidak dapat lagi digerakkan.

Menurut dr Lukman penanganan luka dengan cara memberikan plester saja sebenarnya tidak cukup menyelesaikan masalah. Sementara pemijatan tangan saat terkilir malah sangat tidak disarankan karena dapat kerusakan menyebar. Terutaman bila pemijat tidak paham tentang kontur tulang justru dapat membahayakan pasien.

Bila terkilir sebaiknya bawa pasien ke dokter ahli ortopedi . Jika tidak terjadi pembengkakan Anda juga bisa melakukan tindakan awal di rumah seperti mengompres tangan dengan wadah yang sudah diisi air panas atau bisa juga dengan koyo. Dengan cara ini peredaran darah di daerah yang terkilir akan lancar.

Bila terjadi pembengkakan coba lakukan terapi dengan menaruh kain yang sudah dibungkus es pada area yang terkilir sehingga dapat mengurangi pembengkakan.

Sumber: kompas.com