Jangan Pernah Mengkonsumsi Makanan Ini Saat Perut Masih Kosong

DokterSehat.Com – Saat perut kita sedang dalam kondisi yang kosong, maka kita tentu akan merasa sangat lapar. Menurut pakar kesehatan, kondisi ini bisa menyebabkan kita mengkonsumsi makanan apa saja tanpa memperhitungkan porsinya atau apakah makanan tersebut sehat atau tidak. Padahal ada cukup banyak makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut sedang kosong karena bisa membahayakan kondisi kesehatan saluran pencernaan. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

doktersehat-keripik-junk-food

Keripik kentang
Salah satu jenis camilan yang sangat disukai oleh manusia ini ternyata tidak baik untuk dikonsumsi saat kita merasa sangat lapar dan berada dalam kondisi perut yang kosong. Menurut pakar kesehatan, mengkonsumsi keripik kosong hanya akan mengisi sebagian kecil lambung sehingga tidak akan membuat kita merasa kenyang dan justru membuat kita sulit berhenti untuk mengunyahnya. Padahal, jika kita mengkonsumsi keripik kentang dengan berlebihan, kita bisa meningkatkan berat badan dengan signifikan .

Makanan yang pedas
Mengkonsumsi makanan pedas saat perut dalam kondisi kosong adalah sebuah ide yang sangat buruk. Bukannya merasa puas ataupun kenyang, yang terjadi justru saluran pencernaan, khususnya lambung, akan mengalami iritasi yang tentu sangat tidak nyaman.

Jus buah kemasan
Jus buah seringkali dianggap sebagai minuman yang sehat. Sayangnya jus buah kemasan biasanya cukup banyak memiliki kandungan gula sehingga andai dikonsumsi saat perut kosong, bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah dengan drastis sehingga membuat kita lebih beresiko terkena diabetes.

Kopi
Layaknya makanan pedas, konsumsi kopi saat perut kosong bisa menyebabkan perut terasa sangat tidak nyaman. Hal ini terjadi karena perut akan memproduksi lebih banyak asam yang bisa memicu peradangan pada lambung.

Soda diet
Soda diet tidak akan membuat perut menjadi kenyang dan justru menambah keinginan untuk mengkonsumsi camilan. Hal ini tentu bisa membuat kita meningkatkan berat badan.