Jangan Pernah Melakukan Hal Ini Saat Perut Masih Kosong

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang malas-malasan di akhir pekan seperti sekarang ini sehingga membuat perut mereka kosong dalam waktu yang lama setelah bangun tidur. Memang, asalkan perut kita tidak sampai terasa sakit, maka hal ini tidak akan berbahaya bagi kesehatan. Namun, ada baiknya kita tidak melakukan berbagai hal ini saat perut masih dalam kondisi kosong.

doktersehat-wanita-sakit-perut

Minum kopi
Banyak orang yang ingin menikmati kopi di pagi hari agar tubuh menjadi lebih bersemangat dan tak lagi mengantuk. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, mengkonsumsinya saat perut masih dalam kondisi kosong bisa membahayakan saluran pencernaan. Bagaimana tidak, kandungan asam pada kopi bisa memicu heartburn yang tentu sangat tidak nyaman. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk makan terlebih dahulu sebelum minum kopi agar tidak mengalami masalah pencernaan tersebut.

Minum jus buah yang memiliki rasa asam
Beberapa jenis buah sitrus seperti jeruk memang memiliki rasa yang enak jika dijus. Hanya saja, buah ini memiliki sifat asam sehingga bisa menyebabkan perut teriritasi jika kita konsumsi saat perut masih dalam kondisi kosong. Untuk mensiasatinya, kita bisa minum air putih terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi jus ini dan kemudian disambung dengan makan berat.

Melakukan olahraga berat
Banyak orang yang memilih untuk berolahraga saat perut masih dalam kondisi kosong karena menganggap makanan yang dikonsumsi bisa membuat perut begah, tidak nyaman, hingga mual-mual saat berolahraga. Padahal, menurut pakar kesehatan, hal ini justru akan membuat tubuh kekurangan energi sehingga olahraga menjadi tidak maksimal untuk dilakukan.

Minum obat anti peradangan
Beberapa jenis obat anti inflamasi seperti parasetamol atau aspirin sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut masih kosong karna bisa membuat lambung teriritasi.