Jangan Pernah Lupa Makan Saat Melakukan Perjalanan Jauh

DokterSehat.Com – Saat melakukan perjalanan jauh, baik itu untuk berrekreasi atau untuk mengunjungi orang lain di daerah lain, maka kita pun akan cenderung menyepelekan konsumsi makan tiga kali sehari. Banyak orang yang memilih untuk membawa bekal roti atau justru hanya mengkonsumsi jajanan ringan di kala lapar. Memang, jajanan bisa membuat kita merasa kenyang selama perjalanan, namun, pernahkah anda menyadari jika kita akan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi yang tidak seimbang, bukan? Lantas, apa yang harus kita lakukan selama melakukan perjalanan jauh?

doktersehat-menyetir-mobil

Baik itu menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi, kita harus memastikan bahwa konsumsi makanan tiga kali sehari tetap kita lakukan. Jika kita membawa bekal layaknya roti atau jajanan lain, maka kita pun akan cenderung mengkonsumsi makanan dengan frekuensi yang lebih sering atau bahkan mengkonsumsinya secara berlebihan. Banyak orang yang mengaku memakan jajanan atau bekal setidaknya tiga jam sekali karena bosan dan mudah merasa lapar. Dengan berhenti untuk makan besar, maka kita setidaknya telah mengurangi potensi konsumsi jajanan yang berlebihan bagi tubuh.

Saat kita memakai angkutan umum, kita seringkali mendapati terminal atau tempat peristirahatan yang menyediakan makanan layaknya kue manis, pizza, atau jajanan lainnya. Meskipun terlihat enak, jangan mudah tergiur makanan tersebut karena bisa membuat kita mengkonsumsi kalori terlalu banyak. Memang, makanan tersebut akan terlihat sangat enak untuk dikonsumsi. Namun, ingatlah bahwa kita tetap harus menjaga pola makan yang sehat meskipun di dalam perjalanan jauh.

Andai kita tidak membawa bekal makanan sendiri, kita juga bisa menjaga asupan makanan yang sehat saat berhenti di tempat peristirahatan. Ingatlah bahwa anda juga harus memasukkan asupan protein dan serat pada makanan anda. Andaipun anda hanya ingin mengkonsumsi roti atau muffin untuk menemani kopi saat istirahat perjalanan, di waktu lain anda bisa mengimbanginya dengan salad, kacang-kacangan, atau bahkan telur yang baik bagi kesehatan tubuh.