Jangan Pegang Dua Benda Ini Jika Tidak Mau Terkena Flu

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang berpikir jika flu hanya akan ditularkan melalui udara, khususnya jika kita berada dekat dengan orang yang sedang flu dan mereka kemudian bersin-bersin. Padahal, sentuhan tangan kita pada beberapa benda tertentu juga bisa menyebabkan penularan penyakit ini. Berikut adalah beberapa benda yang sebaiknya tidak kita pegang jika tidak ingin terkena flu.

doktersehat-wanita-flu-demam-sakit-flu-babi-swine-influenza

Tak hanya telapak tangan orang yang sedang terkena flu karena besar kemungkinan tangan ini sempat memegang hidung saat bersin, pakar kesehatan Angela Chalmer yang berasal dari Boots Pharmacy menyebutkan bahwa pegangan pada pintu atau dalam bus dan meja pada toko adalah dua benda yang paling sering menyebabkan penularan penyakit ini.

Kedua benda ini sangat sering disentuh oleh banyak orang, termasuk tangan kita. Hal inilah yang membuat penularan flu sangat mungkin terjadi. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak sembarangan menyentuh mata, hidung, hingga mulut dengan tangan kita yang baru saja memegang berbagai benda tersebut di ruang publik.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya flu adalah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Jika tidak ada keran air dekat dengan tempat kita beraktifitas, kita juga bisa menggunakan gel antibakteri atau hand sanitizer yang bisa mencegah penularan infeksi atau semprotan hidung yang bisa melawan infeksi awal bakteri.

Chalmer sangat merekomendasikan semprotan hidung yang bisa kita bawa setiap hari demi mencegah datangnya pilek atau flu. Selain itu, pastikan untuk mencuci tangan hingga bersih dan dalam waktu yang cukup lama agar berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit benar-benar mati.