Jangan Panik, Lakukan Hal Ini Untuk Menolong Penderita Serangan Jantung

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang panik dan kebingungan saat menemukan salah satu anggota keluarga tiba-tiba saja terjatuh karena terkena serangan jantung. Padahal, penanganan pertama pada korban serangan jantung sangatlah penting untuk menyelamatkan nyawanya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menolong penderita serangan jantung.

doktersehat-serangan-jantung-kejang

Jika korban masih dalam kondisi sadar, segera istirahatkan badannya dengan posisi berbaring atau duduk dan longgarkan pakaian dan celananya. Jika ada, segera berikan obat aspirin atau oksigen dan panggil ambulans atau bantuan lainnya agar korban bisa segera dilarikan ke rumah sakit.

Jika korban memang sudah dinyatakan sebagai penderita penyakit jantung koroner (APS) sebelumnya, biasanya Ia sudah memiliki obat berjenis Isosorbid Dinitrat (ISDN) yang bisa ditempatkan di bawah lidahnya. Segeralah minta korban untuk meminumnya 3 kali berturut-turut. Jika setelah meminum obat ini nyeri di dada korban masih terasa, segera larikan korban ke rumah sakit.

Keberhasilan menolong korban serangan jantung sangatlah bergantung pada kecepatan sekaligus ketepatan pertolongan yang dilakukan. Sebagai contoh, kita harus memastikan korban serangan jantung berada dalam kondisi sadar atau tidak tidur. Selain itu, kita harus selalu mengecek kondisi seperti tekanan darah, denyut nadi, dan pernafasan. Korban juga sebaiknya tidak diberi makan demi mencegahnya mengalami muntah meskipun masih diperbolehkan untuk minum air.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada masa-masa kritis yang harus dilalui oleh penderita serangan jantung agar bisa selamat, yakni 6 jam pertama setelah terkena serangan jantung. Jika dalam durasi waktu ini pembuluh arteri yang menyempit atau tersumbat berhasil dibuka kembali baik itu dengan tindakan medis atau obat, ada kemungkinan kondisi jantung bisa kembali pulih tanpa mengalami kerusakan yang permanen.