Jangan Panik, Benjola Di Payudara Belum Tentu Kanker

DokterSehat.Com – Belakangan penyakit kanker payudara yang tergolong sebagai penyakit yang berisiko kematian tinggi di dunia tidak hanya menyerang wanita dewasa saja tapi juga menyerang kalangan remaja.

5042183570_d979b072c6_b

Gejala awal yang seringkali mengindikasikan penyakit kanker payudara adalah timbulnya benjolan di area payudara. Ketika payudara diraba, ada bagian seperti gumpalan daging yang ada di payudara. Namun sepertinya kamu tidak perlu buru-buru menyimpulkan itu adalah kanker jika menemukan benjolan Ladies.

Deborah Lindner, dikutip dari MD, mengatakan bahwa 80% dari benjolan di payudara adalah tumor jinak. Kebanyakan benjolan tersebut bukan lah kanker. Hal ini terutama berlaku jika Anda berusia 30 tahun, yang mana memiliki risiko mengembangkan kanker payudara lebih kecil dari usia 40 tahu ke atas. Tentu saja risiko terkena kanker payudara akan meningkat jika kamu punya riwayat keluarga yang sebelumnya pernah mengalami kanker payudara.

Lakukan ini jika pertama kali menemukanbenjolan di payudara :

• Gambar payudara kamu di sebuah kertas lengkap dengan puting payudaranya. kemudian beri lingkaran hitam untuk menunjukkan letak benjolan di payudara dan kira-kira seberapa besarnya.

• Biarkan selama 2-3 minggu berikutnya. Cek benjolan itu lagi, dan jika membesar. Langsung pergi ke dokter. Jika benjolan hilang, tak perlu khawatir berlebihan.

Benjolan yang menandakan kanker tidak akan muncul dan hilang begitu saja. Dan membiarkan hingga 2-3 minggu untuk memastikan benjolan juga membuat kamu lebih yakin akan kesehatan. Tapi jika masih ragu dan tak nyaman dengan munculnya benjolan, daripada kepikiran terus-menerus, segera periksakan saja ke dokter agar lebih yakin.