Jangan Pakai Stagen Usai Melahirkan!

DokterSehat.com – Kehamilan selama 9 bulan membuat kulit perut menjadi melar sehingga usai melahirkan perut biasanya menjadi bergelambir. Untuk menyiasatinya para ibu kerap menggunakan stagen atau gurita supaya dapat mengecilkan perut seperti semula. Benarkah stagen atau gurita efektif mengecilkan perut?



Pada dasarnya para ahli medis tidak menganjurkan pasien yang telah melakukan proses bersalin untuk menggunakan stagen. Nyatanya, stagen bersifat pasif sehingga tidak memberikan efek positifdalam mengencangkan atau mengecilkan perut. Saat menggunakan stagen perut memang terasa kencang, tapi nyatanya perut akan kembali kendur saat stagen dilepas.

Selain stagen, setelah melahirkan ibu juga sering menggunakan gurita. Ketimbang stagen, gurita lebih disarankan karena penggunaannya tidak terlalu kencang. Bagi ibu yang melakukan persalinan dengan proses operasi dan jahitan operasi berda di tengah perut maka lebih disarankan untuk memakai gurita ketimbang stagen.

Pemakaian gurita paling tidak satu minggu setelah proses melahirkan. Hal ini bertujuan agar jahitan bekas operasi bisa lebih mengering. Jahitan yang masih basah atau baru akan bertambah parah jika dipakaikan gurita apalagi stagen. Bahkan jahitan berisiko kembali terbuka atau bernanah.

Proses kehamilan membuat otot-otot tubuh menjadi kendur, terutama pada dasar panggul dan otot dinding perut. Untuk mengatasinya, sebaiknya lakukan senam atau olahraga yang dapat mengencangkan kembali otot dinding perut, misalnya jogging dan sit up. Namun, jangan mengangkat beban yang berat.

Pengencangan otot panggul bisa Anda lakukan latihan senam kegel. Senam kegel berfungsi untuk mnguatkan otot-otot dasar panggul dan saluran kemih yang mampu mencegah Anda mengompol ketika proses persalinan berlangsung.

Selain itu, ada juga senam nifas yang dilakukan seusai melahirkan. Latihan ini dilakukan dengan menitikberatkan pada latihan pernafasan dan perut. Senam ini lebih bermanfaat untuk mengembalikan kekecangan perut usai melahirkan, dengan cara yang tidak menyiksa dan juga jauh lebih sehat.