Jangan Pakai Cotton Bud, Gunakan Benda Ini Untuk Membersihkan Telinga

membersihkan-telinga-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Simon Zalto

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang memilih untuk menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinganya. Memang, dengan menggunakan korek kuping ini, kita bisa membuang kotoran yang ada dalam lubang telinga. Sayangnya, penggunaan cotton bud ini bisa berbahaya, apalagi jika kita memasukannya terlalu dalam karena dikhawatirkan bisa menyebabkan rusaknya organ dalam telinga atau bahkan gangguan pendengaran. Untungnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa benda lain yang bisa digunakan untuk membersihkan telinga seperti sebagai berikut.

Baby oil
Baby oil yang memiliki tekstur yang cenderung lembut sangatlah cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit orang dewasa. Kita juga bisa membersihkan telinga dengan memakai peralatan bayi ini. Caranya cukup mudah, yakni hanya dengan meneteskan baby oil ke telinga, mengusap-usapnya, dan menggunakan kapas bersih untuk membuang kotorannya.

Air garam
Kita hanya perlu melarutkan garam dengan memakai air hangat. Setelahnya, teteskan larutan air garam ini pada telinga sembari memiringkan kepala. Segera tegakkan posisi kepala kembali sehingga cairan ini memasuki bagian dalam telinga lalu sumbatlah dengan kapas bersih. Setelahnya, usap telinga, khususnya lubangnya dengan kapas sembari memiringkan kepala untuk membuang air sehingga semua kotoran bisa dibuang.

Air cuka
Campurkanlah cuka dengan sedikit alkohol. Cairan ini tinggal disemprotkan ke dalam telinga dan kita hanya tinggal membersihkannya dengan kapas bersih.

Campuran minyak zaitun dan kelapa
Campurkan minyak zaitun dan kelapa kemudian hangatkan di atas api lilin. Celupkan kapas bersih pada campuran kapas tersebut dan kemudian tempelkan pada telinga selama seperempat jam. Setelahnya, gunakan kapas bersih untuk membersihkan bagian telinga agar membersihkan kotoran.