Jangan Olesi Luka Bakar dengan Odol

DokterSehat.Com– Tersiram minyak panas saat memasak dapat membuat kepanikan. Dalam keadaan seperti ini sebaiknya Anda jangan mudah panik. Ikuti langkah-langkah berikut ini sebagai pertolongan pertama seperti yang dianjurkan oleh dr. Fhemilya Indra Resvita, Sp.KK:

doktersehat-tangan-terluka-sepsis-infeksi-darah

  1. Bersihkan kulit dari minyak panas dengan mengalirkan air sebanyak-banyaknya pada bagian yang tersiram minyak. Untuk menghilangkan noda minyak gunakan sabun yang mengandung moisturizer lalu bilas kembali dengan air mengalir.Jangan gosok bagian yang tersiram dengan kencang. Anda juga tidak perlu memakai sabun antiseptik atau mengoleskan odol, kecap, dan telur mentah karena dapat memperburuk luka.
  2. Apabila kulit melepuh akibat luka bakar, jangan mengelupas atau memecahkan lepuhan agar luka tidak terinfeksi. Penyembuhan luka akan lebih baik bila masih ada kulit yang menempel. Lebih baik lagi segeralah minta bantuan tim medis untuk menyembuhkannya.
  3. Sebagai perawatan harian, kompreslah dengan cairan normal saline yang berfungsi untuk memberi rasa nyaman pada kulit yang terbakar, meredakan kemerahan, dan mengatasi pelebaran pembuluh darah yang berlebihan. Kompreslah 2 kali sehari selama 30 menit tiap kompresan.
  4. Agar kulit tetap higienis disarankan untuk tetap mandi 2 kali sehari. Biarkan luka dialiri air, sebaiknya gunakan sabun yang mengandung pelembab yang baik, kemudian keringkan tanpa menggosok bagian yang terluka.Setelah kering kompreslah bagian yang terluka tadi seperti langkah nomor 3. Oleskan krim antibiotik setelah dikompres. Dalam keadaan lembab kulit dapat menyerap obat dengan sangat baik.