Jangan Minum Susu Cokelat Setelah Berolahraga

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang mengkonsumsi beberapa jenis makanan atau minuman tertentu setelah melakukan olahraga karena berpikir jika asupan tersebut bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuhnya. Sayangnya, beberapa makanan atau minuman yang kita anggap sebagai minuman sehat ternyata kurang cocok untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Apa sajakah makanan dan minuman tersebut?

doktersehat-susu-cokelat-setelah-gym-fitnes-otot

Susu cokelat
Cukup banyak orang yang mengkonsumsi susu cokelat setelah berolahraga karena berpikir jika minuman ini akan membantu memberikan manfaat olahraga dengan maksimal. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa susu cokelat memiliki ratusan kalori yang baik bagi tubuh. Bahkan, sebuah penelitian juga menunjukkan fakta bahwa mengkonsumsi susu cokelat bisa meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif. Hanya saja, berbagai manfaat kesehatan ini bisa kita dapatkan jika kita mengkonsumsinya sebelum berolahraga, bukannya setelah melakukannya.

Sayuran mentah
Sayuran memang sudah dikenal sebagai bahan makanan yang sangat baik bagi program diet kita. Sayangnya, saat berolahraga, tubuh sudah mengeluarkan energi dalam jumlah yang sangat besar dan membakar kalori sangat banyak. Jika kita hanya mengkonsumsi sayuran mentah, kita tentu tidak akan mampu menggantikan berbagai nutrisi yang hilang saat berolahraga sehingga tidak membantu proses pemulihan tubuh.

Energy bar
Makanan ini sebaiknya dikonsumsi sebelum berolahraga karena memang dirancang sebagai penyedia energi bagi tubuh. Jika kita mengkonsumsinya setelah berolahraga, kita justru akan mengkonsumsi asupan gula terlalu banyak dan hal ini akan membuat sistem metabolisme menurun dan membuat tubuh lebih banyak memproduksi lemak.

Pastry
Makanan seperti donat, pie, puding, muffin, atau cupcakes memang bisa membuat kita merasa kenyang. Sayangnya, tubuh kita membutuhkan karbohidrat dengan kualitas lebih baik seperti pada roti gandum dan buah-buahan kering yang akan membantu menggantikan glikogen yang hilang saat kita berolahraga.