Jangan Minum Kopi Saat Sedang Stress!

DokterSehat.Com – Salah satu minuman yang sangat populer bagi karyawan kantor adalah kopi. Kopi kerap kali dijadikan penyelamat bagi mereka yang sedang merasakan kantuk luar biasa atau sulit untuk berkonsentrasi sehingga mereka pun bisa kembali melakukan pekerjaan dengan baik. Sayangnya, banyak orang yang juga meminumnya saat mereka sedang mengalami stress dengan harapan bisa menenangkan pikiran. Padahal, menurut pakar kesehatan, kopi sebaiknya jangan diminum saat kita mengalami stress. Apa alasan dari rekomendasi ini?

doktersehat-ngantuk-kopi-kerja-kurang-tidur-kantor

Pakar kesehatan dr. Marilyn Glenville yang merupakan pakar gizi dan penulis buku berjudul Natural Alternatives to Sugar, berkata jika kafein yang ada pada kopi ternyata mampu merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon stress. Selain itu, kandungan theobromine dan juga teofolin pada kopi juga bisa semakin menambah parah stress dan kecemasan. Alhasil, andai kita sebelumnya sudah mengalami stres karena tekanan pekerjaan atau berbagai masalah lainnya, bukannya membuat kita menjadi lebih tenang, kita justru akan semakin gelisah dan tertekan.

Dr. Glenville sangat menyarankan kita untuk berhenti mengkonsumsi kopi terlebih dahulu andai kita sedang mengalami stres atau merasakan kecemasan. Andai kita adalah orang yang terbiasa meminum kopi secara rutin, kita mungkin akan merasakan gejala layaknya mudah terkena sakit kepala, mual-mual, kelelahan, hingga kram otot dan juga depresi, saat berhenti meminum kopi tiba-tiba. Karena alasan inilah, dr. Glenville sangat menyarankan kita menurunkan asupan kopi secara bertahap. Ada baiknya kita sedikit demi sedikit mengurangi porsi atau frekuensi meminum kopi saat kita sedang mengalami stres hingga akhirnya kita bisa benar-benar berhenti meminumnya.

Untuk menurunkan stres, kita bisa beralih ke minuman yang lebih menenangkan layaknya teh herbal. Sebagai informasi, teh memang dikenal luas mampu menurunkan kadar stres secara efektif dan menenangkan pikiran.