Jangan Minum Jus Buah Saat Bangun Tidur

DokterSehat.Com – Ketimbang sarapan gorengan yang penuh lemak jenuh, beberapa orang memilih sarapan dengan jus buah. Tapi hati-hati, jangan langsung minum jus buah saat baru bangun tidur, karena saat itu perut sedang kosong.



Profesor Made Astawan, PhD, Kepala Divisi Biokimia Makanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengungkapkan bahwasemua yang ber-PH rendah termasuk jus bisa memicu atau mentriger asam lambung naik ke tenggorokan jadi sebaiknya sih perut sudah diisi, semua yang ber-PH rendah bukan hanya itu (jus) saja ya, bisa juga kopi yang berkafein, ujarnya.

Lambung kita memiliki tingkat keasaman yang tinggi, hal ini tentu memiliki fungsi dan tujuan yaitu digunakan untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam lambung. Di samping hal tersebut, tingkat kadar keasaman bahkan mampu membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. dr Etra Ariadno SpPD dari RSAL Dr Mintoharjo, menjelaskan asam lambung naik karena tingkat keasaaman yang tinggi dari asupan yang masuk. Asam yang berlebihan akan merusak lambung karena pengeluaran asam lambung itu sudah diatur setiap 8 jam. Kalau lambung tidak diisi, otomatis lambung akan mengasam, ujar dr Etra.

Apakah anda pernah mersakan mual setelah makan buah jeruk? hal ini disebabkan karena asam lambung yang terganggu. Hal ini bisa dijelaskan karena asam lambung akan naik ke atas karena asupan yang masuk adalah makanan yang mengandung asam juga, sehingga perut kita merasa mual.

Lambung kita yang memang secara alami sudah asam, diberi asupan yang asam juga, lama kelamaan menjadi semakin asam. Hal inilah yang mampu menyebabkan luka pada lambung. Sebelum minum jus di pagi hari, sebaiknya makan sesuatu yang tidak asam dulu untuk mencegah naiknya asam lambung, saran Prof Made.