Jangan Minum Air Putih Setelah Makan Buah Ini

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan dan nutrisi Aditi Sharma yang berasal dari Columbia Asia Hospital di India baru-baru ini memberikan rekomendasi bagi kita yang suka mengkonsumsi buah. Menurut beliau, ada baiknya kita tidak segera meminum air putih setelah mengkonsumsi beberapa jenis buah layaknya semangka, melon, jeruk, nanas, mentimun, dan juga stroberi. Apa alasan dari rekomendasi ini?

doktersehat-buah-sayur

Menurut Sharma, buah-buahan tersebut termasuk dalam buah yang kaya akan kandungan air dan bisa memberikan sensasi segar setelah dikonsumsi. Namun, jika kita mengkonsumsi buah yang kaya akan kandungan air dan kemudian melanjutkannya dengan minum air, maka kita justru akan membuat kadar pH di dalam tubuh terganggu. Padahal, keseimbangan kadar pH sangatlah penting bagi tubuh untuk mencerna makanan dengan baik.

Tak hanya menghindari minum air putih setelah mengkonsumsi buah atau makanan yang memang kaya kandungan air, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan serat dan air layaknya pepaya atau melon saat perut masih dalam kondisi kosong. Jika hal ini kita lakukan, maka kadar pH di dalam saluran pencernaan akan menjadi lebih encer dan akhirnya ikut mengganggu proses pencernaan makanan seharian. Selain itu, ada sebuah kesalahan yang kerap kita lakukan dalam mengkonsumsi buah, khususnya yang sudah diolah menjadi jus, dimana jus tersebut biasanya ditambahkan gula agar mendapatkan sensasi manis saat diminum. Padahal, hal ini justru akan membuat kita mengkonsumsi gula dengan berlebihan.

Sharma sendiri menyarankan kita untuk tidak segera minum air setelah mengkonsumsi buah-buahan yang juga kaya akan kandungan air ini. Menurut beliau, berikan jeda setidaknya 30 hingga 40 menit setelah mengkonsumsi buah-buahan tersebut agar saluran pencernaan tetap sehat dan berfungsi dengan baik.