Jangan Merebus Sayuran Terlalu Lama Jika Tak Ingin Nutrisinya Hilang

DokterSehat.Com – Sayuran adalah salah satu bahan makanan sehat yang sangat direkomendasikan pakar kesehatan untuk dikonsumsi setiap hari. Salah satu cara pengolahan bahan makanan ini adalah dengan cara direbus. Sayangnya, bagi pakar kesehatan, cara memasak sayuran ini ternyata bisa membuat banyak nutrisi baik di dalamnya menghilang. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

pic credit: christoper pati

Beberapa jenis sayuran memang diolah dengan cara direbus terlalu lama atau bahkan kemudian air rebusannya ikut dibuang agar bisa mendapatkan rasa yang enak untuk dimakan. Sayangnya, hal ini justru akan membuat sayuran tersebut kehilangan berbagai nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Pakar gizi Tracy Lesht menyebutkan jika saat sayuran diolah dengan cara direbus, maka ada kemungkinan besar separuh nutrisi yang dikandungnya ikut menghilang.

Lantas, bagaimana cara mengolah sayuran agar tidak kehilangan banyak nutrisinya? Lesht merekomendasikan kita untuk mengukusnya saja atau andai tetap ingin merebusnya, gunakan sedikit air dan lakukan dengan sebentar saja. Saat air sudah mendidih dan sayur sudah mulai layu, maka inilah saat untuk segera mengangkatnya agar nutrisinya tidak terlalu banyak yang menghilang. Jika kita tetap merebusnya terlalu lama, maka dikhawatirkan nutrisi pada sayuran ini akan larut pada air rebusan. Andai kita masih mengkonsumsi air rebusan ini mungkin tidak akan menjadi masalah, namun, ada banyak sayuran yang diolah dengan cara membuang sisa air rebusan yang kaya akan nutrisi tersebut.

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada cukup banyak jenis sayuran yang kehilangan nutrisinya andai direbus. Sebagai contoh, kangkung, bayam, kacang panjang, buncis, brokoli, atau bahkan kacang polong. Karena hal ini, sayuran tersebut sebaiknya tidak direbus atau andaipun perlu direbus, lakukan dengan sebentar dan gunakan api kecil saja sehingga kadar nutrisi baiknya masih bisa kita dapatkan.