Jangan Merebus Kembali Air Termos Berulang Kali, Waspada Kandungan Nitrit

DokterSehat.Com – Air putih adalah salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi air putih secara cukup, yakni setidaknya delapan gelas sehari, maka kita akan mendapatkan asupan cairan yang cukup bagi tubuh. Sayangnya, tak semua air putih ternyata layak untuk kita konsumsi. Banyak air putih yang ternyata sebaiknya tidak diminum dan jika kita meminumnya, maka kita bisa mengalami sakit perut atau bahkan keracunan. Berikut adalah beberapa jenis air putih yang sebaiknya tidak kita minum.



Di negara-negara maju, kita akan mudah menemukan air ledeng yang layak untuk langsung diminum. Sayangnya, hal tersebut akan hampir tidak mungkin didapatkan di Indonesia. Air ledeng kita tidak bisa langsung diminum dan harus dimasak terlebih dahulu agar berbagai bakteri dan kuman bisa mati. Jika kita nekat meminum air ledeng atau air sumur secara langsung, bisa jadi kita akan terkena sakit perut dengan mudah. Selain itu, air ledeng yang melalui beberapa proses pembersihan ternyata bisa membawa berbagai zat kimia yang bisa meracuni tubuh jika kita minum tanpa dimasak. Hanya saja, ada baiknya kita tidak terlalu lama dalam memasak air putih dalam suhu 100 derajat Celcius. Air yang terlalu lama direbus ternyata bisa membuat meningkatnya kandungan logam, nitrit, dan beberapa zat kimia pada air tersebut sehingga akan tidak baik bagi tubuh. Kandungan nitrit yang tinggi bahkan bisa menyebabkan keracunan bagi orang yang meminumnya.

Pernahkah anda melihat orang yang merebus kembali air yang ada dalam termosnya agar bisa mendapatkan air yang hangat? Air yang direbus berulang-ulang ternyata memiliki kandungan nitrit yang tinggi yang jika diminum tentu akan membuat tubuh kita keracunan. Selain itu, ada baiknya anda tidak meminum air yang sudah terlalu lama disimpan meskipun sudah dimasak. Jika air ini diminum oleh anak kecil, maka pertumbuhan anak pun bisa terganggu, sementara itu, jika air diminum oleh orang dewasa, maka orang tersebut bisa mengalami penuaan dini dan mendapatkan resiko terkena kanker lambung dan juga kanker kerongkongan.

Baca Juga:  Apakah Hamil Berhubungan Dengan Cinta?

Selalu konsumsi air yang sudah matang dan juga air yang segar. Banyak orang yang beralih ke air kemasan karena sudah terjamin kualitasnya, namun tidak ada yang salah dengan meminum air yang dimasak karena sudah cukup layak untuk dikonsumsi. Hanya saja, ada baiknya tidak meminum air minum isi ulang karena tentu akan tidak baik untuk kesehatan tubuh anda.