Jangan Menyepelekan Susah Buang Air Besar

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menganggap jika masalah susah buang air besar hanyalah semata karena kita kekurangan asupan serat. Dengan mengkonsumsi banyak makanan berserat layaknya sayur dan buah-buahan, maka kita pun dengan sendirinya akan lebih mudah buang air besar. Anggapan ini ternyata adalah salah kaprah. Pakar kesehatan menyebutkan jika susah buang besar, apalagi yang berlangsung berhari-hari lamanya tidak boleh disepelekan. Selain bisa membuat perut menjadi tidak nyaman, susah buang air bisa jadi adalah tanda dari adanya masalah kesehatan yang lebih serius, khususnya pada organ pencernaan.



Tahukah anda? Di Amerika Serikat sendiri setidaknya ada 2,5 juta warga yang melaporkan masalah konstipasi. Kebanyakan dari penyebab konstipasi ini sendiri adalah pola makan yang miskin asupan serat dan juga kecenderungan masyarakat modern yang lebih jarang melatih tubuhnya. Jika seseorang mengalami masalah buang air besar yang sangat kronis dengan tanda-tanda layaknya frekuensi buang air besar yang lebih rendah dari tiga kali dalam seminggu, kotoran yang cenderung sangat keras dan sulit dikeluarkan, hingga durasi sulit buang air besar yang bisa mencapai tiga bulan atau lebih, maka kondisi ini tentu harus segera dilaporkan ke dokter.

Beberapa orang melaporkan kondisi dimana meskipun sudah mengalami rasa mulas, namun tak sekalipun buang air besar berhasil mengeluarkan kotoran. Beberapa orang lain melaporkan rasa perut yang sangat tidak nyaman tanpa adanya rasa mulas sama sekali. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, kotoran yang bertahan pada perut dan kemudian melakukan kontak pada dinding usus mengingat semakin bertumpuknya kotoran setiap hari ternyata bisa membaut dinding usus mengalami kerusakan atau bahkan mutasi sel. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada banyak pasien susah buang air besar yang ternyata memiliki masalah kanker pada organ pencernaan layaknya usus.

Baca Juga:  Jangan Berlebihan Mengkonsumsi Gorengan!

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika untuk mencegah masalah konstipasi, maka ada baiknya kita harus menjaga pola makan yang kaya akan serat dan juga konsumsi air putih yang cukup setiap hari. Jangan lupakan pula untuk berolahraga setiap hari meskipun dalam durasi yang tidak terlalu lama mengingat aktifitas tubuh ternyata bisa membuat buang air besar menjadi lebih mudah untuk dilakukan.