Jangan Mengucek Mata Jika Belum Cuci Tangan

DokterSehat.Com– Saat mata terasa lelah karena menatap layar komputer untuk bekerja atau menggunakan smartphone terlalu lama, seringkali kita akan segera menguceknya dengan tangan. Memang, tidak ada manfaat yang bisa didapatkan dari mengucek mata saat mata terasa lelah selain adanya rasa yang lebih baik saja pada mata. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan mengucek mata dengan tangan ini bisa membahayakan kesehatan, apalagi jika tangan kita berada dalam kondisi yang kotor dan kita belum sempat mencuci tangan.

doktersehat-mata-kerja-lelah

Jika kita mengucek tangan dengan kondisi tangan masih kotor, dikhawatirkan kuman yang terdapat pada jari kita akan masuk ke dalam mata. Jika hal ini terjadi, maka selaput bening pada mata pun bisa mengalami masalah kesehatan. Sebagai informasi, jari tangan kita sangatlah kotor karena telah menyentuh berbagai macam benda atau orang lain. Hal ini akan membuat jari tangan terkena banyak sekali kotoran atau kuman yang jika kita gunakan untuk mengucek mata, maka akan segera berpindah pada permukaan mata dan membuat organ penglihatan kita beresiko besar terkena infeksi. Jika hal ini terjadi, dikhawatirkan kita akan mengalami peradangan pada selaput bening mata kita atau yang disebut sebagai konjungtivitis.

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Clinical Infectious Diseases pada tahun 2012 silam, diketahui bahwa sebagian besar orang ternyata tidak menyadari kebiasaan mengucek matanya. Dari penelitian ini pula, banyak orang yang dengan santai melakukannya di berbagai tempat umum dimana setiap jamnya mereka akan mengucek matanya rata-rata tiga kali atau bahkan lebih.

Demi mencegah datangnya infeksi pada mata ini, pakar kesehatan dr. Marita Long yang berasal dari Royal Australian College of General Practitioners yang berasal dari Australia menyarankan kita untuk selalu mencuci tangan sebelum mengucek mata.