Jangan Mengkonsumsi Obat Asal-Asalan Tanpa Rekomendasi Dokter

DokterSehat.Com – Sebagian besar masyarakat cenderung enggan untuk mendatangi dokter saat mereka jatuh sakit. Selain dikarenakan mereka malas melakukan perjalanan menuju dokter dimana terkadang akan ditemui banyak sekali pasien yang menunggu, atau bahkan mereka malas mendapatkan suntikan yang cenderung memberikan rasa sakit. Untuk menutupi rasa malas ini, banyak orang yang mengandalkan obat warung, khususnya jika penyakit yang muncul dianggap sebagai penyakit yang ringan layaknya flu atau sakit kepala. Padahal, pakar kesehatan menyebut hal ini sebagai hal yang berbahaya mengingat kita tidak berkonsultasi sama sekali dengan dokter mengenai penyakit apa yang sebenarnya kita derita.

doktersehat-obat-a-z-ponstan-asam-mefenamat-Levofloxacin-suplemen-hamil-kehamilan-hiv-truvada-melatonin-susah-tidur

Jika kita asal membeli obat warung tanpa konsultasi dokter, maka kita beresiko mengkonsumsi obat dengan dosis yang tidak tepat. Kadangkala obat yang dikonsumsi tidak akan bekerja dengan baik sehingga penyakit pun tidak kunjung sembuh. Namun, yang ditakutkan adalah dosis obat ternyata berlebihan dan pada akhirnya membuat jantung kita berdebar-debar.

Dalam beberapa kasus, konsumsi obat warung untuk beberapa jenis penyakit secara terus-menerus ternyata juga bisa membuat kita ketagihan dan ditakutkan, beberapa jenis penyakit akhirnya kebal dengan obat-obatan sehingga kita pun akan kerepotan jika terserang penyakit.

Meskipun tidak terlalu sering terjadi, dalam realitanya asal mengkonsumsi obat tanpa rekomendasi dokter bisa menimbulkan keracunan. Sebagai contoh, kita mengkonsumsi obat yang ternyata tidak sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh sehingga alih-alih mengobati penyakit, tubuh justru akan semakin menderita karena efek samping dari obat. Banyak kasus dimana karena asal-asalan mengkonsumsi obat, penderitanya pun akhirnya justru mengalami masalah kesehatan yang fatal.

Membeli obat warung juga akan meningkatkan resiko mengkonsumsi obat palsu yang tentu sangat berbahaya bagi tubuh. Dalam beberapa kasus, obat palsu juga bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya untuk dikonsumsi. Melihat adanya fakta ini, jangan terlalu mengandalkan obat warung dan ada baiknya kita tetap berkonsultasi dengan dokter saat kita sakit sehingga kita pun mendapatkan penanganan medis yang tepat.