Jangan Mengkonsumsi Es Batu Yang Tercemar Bakteri

DokterSehat.Com Karena kita tinggal di negara tropis dengan suhu yang cenderung panas sepanjang waktu, maka minuman yang dingin dan diberikan oleh es menjadi minuman yang sangat nikmat untuk diminum, apalagi saat berbuka puasa seperti belakangan ini. Dalam realitanya, banyak orang yang memakai minuman dingin sebagai salah satu hidangan pembuka puasa. Sayangnya, minuman dingin ini kerap kali memakai es batu yang kurang steril. Hal ini dikarenakan banyak penjual minuman yang memakai es batu yang kurang bersih dimana pembuatannya menggunakan air mentah. Tak hanya berasal dari air mentah sumur, ditengarai ada produsen es batu yang bahkan memakai air sungai yang sudah tercemar bakteri sebagai bahan pembuat es!

5685106294_e5d9cd49db_o copy

Pakar kesehatan Agustin yang merupakan Dekan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia mengungkapkan jika sebagian masyarakat berpikir jika air yang dibekukan menjadi es batu sudah cukup aman untuk dikonsumsi karena kuman dan bakteri dianggap akan mati pada suhu beku. Padahal, dalam realitanya sama sekali tidak benar. Bakteri dan kuman tidak akan mati pada suhu yang rendah dan pada es batu yang memakai bahan air mentah, ditemukan cukup banyak bakteri berbahaya layaknya bakteri salmonella hingga bakteri E.Coli.

Jika kita mengkonsumsi es batu yang sudah tercemar oleh bakteri, maka kesehatan kitapun akan dipertaruhkan. Sebagai contoh, kita pun bisa terkena penyakit diare atau tipus. Namun, dalam kasus yang jauh lebih parah, bakteri E.Coli dari es batu yang kurang steril ternyata bisa menyebabkan pendarahan atau bahkan membuat penyakit kencing berdarah!

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kini kita lebih awas dalam memilih minuman dingin, apalagi yang memakai es batu. Ada baiknya pastikan bahwa es batu dalam kondisi yang jernih dan dibuat oleh pabrik yang menjamin kebersihan dan kesehatan es batu.