Jangan Menggosok Gigi Setelah Cuci Muka

DokterSehat.Com– Salah satu aktifitas yang dilakukan sebelum tidur adalah menggosok gigi dan mencuci muka. Dengan melakukannya, maka muka menjadi lebih bersih dan segar dan gigi pun akan lebih bersih sehingga terhindar dari berbagai masalah kesehatan layaknya gigi berlubang. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu mencuci muka setelah menyikat gigi karena jika kita melakukannya sebaliknya, kita justru akan lebih rentan terkena jerawat. Kok bisa?

doktersehat-cuci-muka-wanita-wajah-karbunkel-bisul-besar

Pakar kesehatan Jil Kibildis yang berasal dari Klinik Facial di New York, Amerika Serikat bernama Heyday menyebutkan bahwa menyikat gigi bisa membuat sisa pasta gigi jatuh di area sekitar mulut atau dagu. Yang menjadi masalah adalah, sisa pasta gigi ini bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan teriritasi sehingga akhirnya memicu datangnya jerawat. Mengingat kita sudah mencuci muka sebelumnya sehingga tidak akan melakukannya lagi, maka resiko untuk terkena jerawat pun akan menjadi lebih besar.

Tak hanya mencuci muka sebelum menyikat gigi, kebiasaan lain yang kerap kita lakukan dan bisa memicu jerawat adalah malas mengganti sarung bantal. Tak disangka, minyak alami kulit, sisa kosmetik, hingga berbagai kotoran dan debu bisa menempel pada sarung bantal dan memicu jerawat. Kibildis menyarankan kita untuk mengganti sarung bantal ini setidaknya seminggu sekali demi mencegah munculnya masalah kesehatan ini.

Beberapa benda lain yang kerap kita tempelkan pada muka kita namun jarang dibersihkan seperti kacamata hingga ponsel juga bisa memicu datangnya jerawat. Ponsel contohnya, kita tentu kerap meletakkan benda ini sembarangan, termasuk di tempat-tempat yang kotor. Jika kita menelepon dengan ponsel yang tidak pernah dibersihkan ini, maka tentu kuman dan kotoran dari ponsel ini akan berpindah pada kulit wajah dan menyebabkan jerawat.