Jangan Mencuci Telur Sebelum Dimasukkan Ke Kulkas

DokterSehat.Com – Tentu bukan hal yang aneh jika saat kita membeli telur di toko atau di swalayan terdekat, kita menemukan telur masih dalam kondisi yang penuh dengan kotoran. Karena hal ini, kita biasanya akan segera mencuci telur sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Memang, hal ini akan membuat telur menjadi lebih bersih, namun, mencuci telur sebelum dimasukkan ke dalam kulkas ternyata sangat tidak direkomendasikan oleh pakar kesehatan karena bisa sangat berbahaya. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-susu-keju-telur

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 oleh Gole VC menyebutkan jika kontaminasi bakteri salmonella pada telur akan meningkat pada telur yang sudah dicuci. Menurut penelitian ini, banyak induk telur yang mengeluarkan telur bersama dengan bakteri salmonella pada cangkangnya. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bahkan menyebutkan jika 1 dari 20 ribu telur sudah terkontaminasi bakteri penyebab demam tifoid pada manusia ini. Beruntung, saat dikeluarkan dari induk ayam, telur-telur ini ternyata memiliki semacam selaput pelindung tipis yang ditujukan untuk mencegah kontaminasi berbagai kuman dan bakteri, termasuk bakteri salmonella, sehingga kuman dan bakteri ini tidak bisa menyusup pada pori-pori cangkang.

Andai kita mencuci telur, maka dikhawatirkan selaput tipis pelindung ini akan rusak dan membuat pori-pori cangkang telur dengan mudah diserbu oleh berbagai kuman dan bakteri. Sebagai informasi, bakteri sangat menyukai isi dalam telur karena menjadi tempat ini kaya akan nutrisi dan sempurna bagi mereka untuk berkembang biak.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) sendiri menyarankan kita untuk segera menyimpan telur pada kulkas, tanpa dicuci terlebih dahulu, namun di dalam wadah yang tertutup rapat, sehingga kotoran, kuman, hingga bakteri yang ada pada cangkang telur tidak menyebar ke bahan makanan lain. Selain itu, pastikan untuk segera membuang telur yang cangkangnya retak atau pecah dan konsumsilah telur yang sudah benar-benar matang.