Jangan Meminum Jahe Saat Perut Masih Kosong

DokterSehat.Com – Minuman jahe sudah dikenal luas sebagai minuman yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Andai tubuh sedang terasa tidak enak badan, flu, sakit perut, hingga kondisi mabuk perjalanan atau terkena masuk angin, maka minuman jahe bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Hanya saja, minuman jahe juga tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan. Pakar kesehatan menyebutkan jika dibalik nikmatnya minuman jahe yang hangat, ada bahaya yang tersimpang andai kita mengkonsumsinya saat perut sedang kosong atau jika diminum dengan jumlah yang berlebihan.

doktersehat-jahe

Pakar kesehatan alternatif dari The Medicine Hunter bernama Chris Killham mengungkapkan fakta ini. Menurut beliau, ada baiknya minuman jahe tidak dikonsumsi pada saat perut belum mandapatkan asupan makanan apapun atau dikonsumsi secara berlebihan. Sebagai contoh, andai kita mengkonsumsi dua hingga empat gelas minuman jahe di pagi hari tanpa mengkonsumsi makanan apapun sebelumnya, maka perut pun akan terasa sakit dengan disertai rasa perih yang sangat tidak nyaman.

Killham menyebutkan jika minuman jahe ternyata akan merangsang prosuksi enzim pada empedu sehingga jika kita meminumnya sebelum mengkonsumsi makanan apapun, maka enzim-emzim ini akan memicu stimulasi pada lambung yang bisa membuat tekanan pada saluran pencernaan. Alhasil, perut pun akan menjadi terasa perih dan sangat tidak nyaman. Karena adanya alasan inilah beliau sangat merekomendasikan kita untuk mengkonsumsi makanan terlebih dahulu, meskipun hanya sedikit demi bisa mendapatkan kebaikan berupa anti inflamasi dari minuman jahe ini. Selain itu, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi minuman jahe secara berlebihan, yakni sebaiknya sekitar satu cangkir saja saat sekali minum.

Andai perut atau kondisi badan kita sedang tidak nyaman saat bangun tidur, cobalah untuk mengkonsumsi sedikit camilan dan barulah kita menambahkan secangkir jahe. Dengan cara ini, kita akan terhindar dari masalah perut sekaligus membuat kondisi tubuh menjadi lebih nyaman.