Jangan Meminum Air Putih Terlalu Banyak Dalam Waktu Yang Berdekatan

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengeluhkan keringat yang muncul dari ketiaknya bisa muncul secara berlebihan. Selain memberikan rasa tidak nyaman pada ketiak dan membuat tidak percaya diri jika memakai baju, khususnya di tempat kerja atau di keramaian, ketiak yang basah juga bisa memicu bau tidak sedap. Kondisi ketiak yang selalu basah ini secara medis disebut sebagai hyperhidrosis dan penyebab dari masalah hyperhidrosis menurut pakar kesehatan dari The Whiteley Clinic, London, adalah kebiasaan kita mengkonsumsi cairan melebihi kebutuhan tubuh.

shutterstock_34531087 copy

Air putih yang banyak dalam sehari diyakini akan sangat menyehatkan tubuh karena berbagai sistem dan bagian tubuh pun akan terhidrasi dengan baik. Sayangnya, anjuran untuk mengkonsumsi air banyak-banyak juga bisa memberikan dilema bagi kesehatan tubuh itu sendiri. Banyak kasus dimana mereka yang terlalu banyak meminum air pada akhirnya akan memicu gangguan ginjal dan juga membuat tubuh cenderung berkeringat lebih banyak.

Selain air putih, tanpa kita sadari kita juga banyak mengkonsumsi cairan dari makanan layaknya sayuran dan buah-buahan. Beberapa jenis makanan yang berkuah juga akan memberikan asupan cairan yang cukup bagi tubuh. Semua cairan yang sudah cukup banyak tersebut ditambah dengan air putih yang sangat banyak tentu akan membuat ginjal bekerja sangat keras untuk menyaring dan membuang cairan yang berlebihan. Selain dari urine, cairan yang berlebihan juga akan disalurkan oleh ginjal melalui keringat. Salah satu bagian tubuh yang akan mudah mengeluarkan keringat adalah ketiak dan masalah hyperhidrosis atau keringat yang berlebihan dari ketiak seringkali disebabkan karena kebiasaan meminum air terlalu banyak.

Selain menyebabkan hyperhidrosis, kebiasaan mengkonsumsi air terlalu banyak ternyata juga bisa menyebabkan penyakit hypnatraemia, sebuah kondisi dimana tubuh memiliki kandungan garam yang sangat rendah dan pada akhirnya bisa memicu pembengkakan otak. Untuk mencegah hal ini terjadi, bukan berarti kita harus mengurangi asupan air minum. Pakar kesehatan justru lebih menekankan pengaturan konsumsi air putih dengan benar setiap hari. Jangan minum air secara berlebihan di satu waktu atau berdekatan, meskipun anda merasa sangat haus. Segelas atau dua gelas air putih sudah cukup untuk menghilangkan haus dalam satu waktu saja dan minumlah beberapa gelas air putih di waktu lainnya. Andai anda beraktifitas cukup berat atau berolahraga, barulah anda bisa menambah asupan cairan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.