Jangan Membuat Kopi di Kamar Hotel, Alasannya Mengejutkan

DokterSehat.Com– Tak hanya menyediakan tempat tidur atau kamar mandi, hotel biasanya juga akan menyediakan fasilitas lain seperti ketel yang bisa dipakai untuk membuat teh atau kopi. Dengan adanya ketel ini, kita bisa membuat minuman hangat yang nikmat kapanpun kita mau. Hanya saja, pakar kesehatan justru tidak merekomendasikan kita untuk membuat kopi atau teh di kamar hotel karena dikhawatirkan ketel ini tidak benar-benar bersih dan telah terkontaminasi kuman.

doktersehat-teh-susu

Aaron Glatt, Ketua Departemen Kedokteran Rumah Sakit Nassau Selatan menyebutkan bahwa setiap barang yang berkaitan dengan makanan atau minuman berpotensi besar menjadi sumber kontaminasi kuman atau bakteri. Hal ini karena barang-barang yang dipakai untuk membuat makanan atau minuman tidak selalu dibersihkan secara teratur, termasuk ketel pembuat minuman di kamar hotel.

Sebagai informasi, pakar kesehatan merekomendasikan pembersihan ketel listrik atau mesin pembuat kopi yang ada di kamar hotel setiap sekali dalam beberapa bulan dengan menggunakan cuka. Air panas ternyata masih kurang dianggap ampuh untuk membunuh jamur dan kuman yang menempel pada peralatan tersebut.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Valencia, terdapat 9 mesin Nespresso yang diuji kebersihannya. Peralatan ketel listrik yang setidaknya sudah dipakai selama satu tahun ini menunjukkan adanya keberagaman bakteri di dalamnya, yakni sekitar 35 hingga 67 jenis. Berbagai bakteri ini tentu bisa memicu datangnya penyakit jika mengkontaminasi minuman yang kita buat dan konsumsi.

Dr. Charles Gerba dari University of Arizona menyebutkan bahwa tak hanya peralatan pembuat minuman di kamar hotel, pegangan peralatan pembuat minuman yang ada di ruang tunggu hotel juga dikhawatirkan banyak terkontaminasi bakteri. Pakar kesehatan juga lebih merekomendasikan kita untuk membeli minuman di kedai saja yang biasanya peralatannya lebih teratur dibersihkan sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.